Monday, November 22, 2010

5 Langkah Awal di Kantor Baru

Ketika mulai masuk kerja di tempat kerja baru, apa saja yang perlu kita lakukan?

Saya bukan motivator, bukan pula berlatar belakang psikologi industri atau duduk mengampu kerjaan Human Resource Development.

Kalau saja saya punya posisi pada tiga poin di atas, mungkin postingan kali ini berkisar soal ‘bagaimana beradaptasi di lingkungan kerja baru’, ‘7 langkah pada hari pertama di kantor baru’, ‘Be fast learner at new office’, atau ‘5 hal merintis karir di pekerjaan baru’.



Nah, sedangkan saya malah pecicilan di hari pertama hingga 3 hari selanjutnya ketika pindah kerja.

1. Assessmen kesehatan lingkungan! Halah…
Periksa meja kerja dan kolong. Jika ada tumpukan berkas atau koleksi tas kresek, angkat atau goyangkan. Bukan untuk dirapikan tapi memastikan apakah ada peternakan nyamuk. (Sumpah, bukan pengalaman probadi. Beneran lho, percaya aja ya *_* )



2. Nyalakan komputer
Lazimnya, kita ditunjukkan meja kerja oleh atasan atau HRD. Saat itu juga cobalah nyalakan PC. Jika PC ngadat, loading lambat, hang, kipas berisik atau mengepulkan asap (ouch!), bisa segera ditangani unit IT.



Bayangkan kalau PC ketahuan bermasalah ketika kita dikejar  deadline, wah banyak waktu terbuang percuma dan deg-degan sedangkan bos tidak ada di tempat dan unit IT sudah pulang.

3 Beredar dan ingat nama!
Tak perlu bawa bolu surabaya atau kue lapis legit, cukup julurkan tangan, senyum manis dan berkenalan dengan teman-teman baru. Tentu ini satu kelaziman. Namun, yang perlu kita lakukan plus-plus: ingat baik nama-nama mereka. Paling nggak yang satu lingkaran kecil atawa sesama unit dengan kita dulu.

Jika kita lupa nama kawan di luar divisi, kita bisa bertanya pada teman satu unit. Nggak enak kan, kita manggil teman dengan panggilan ‘eh’ atau pake nyolek karena nggak tahu nama kawan yang kita tanya, seperti, “Eh, siapa tuh yang dikenalin ke aku yang nanganin area Medan?”

4. Keluyuran ke toilet
Nggak mesti nunggu kebelet, cari tahu lokasi toilet terdekat. Kenali karena tiap kantor beda-beda back-utility-management (opo iki? Pengaturan kelengkapan urusan ke belakang qeqeqe). Ada kantor yang toiletnya ‘unisex’ alias nggak pake pembedaan untuk laki dan perempuan.

Pastikan juga air mengalir sampe jauh kayak Bengawan Solo atawa lancar terkendali. Jika sudah ketahuan nggak beres, cari toilet lainnya. Jangan sampai pas kita pake ternyata lagi ngadat, berabe kan? Terjebak deh di kamar mandi dan serba salah mau minta tolong qeqeqe

5. Tengok pantry atau dapur
Seperti ke toilet di atas, sepertinya sih sepele tapi bisa repot jika kita nggak perhatikan. Cermati penggunaan gelas atau mug, bebas dipakai atau setiap gelas adalah bawaan masing-masing karyawan.

Jika memang ada gelas publik, biasanya tetap ada beberapa alat minum, biasanya mug warna-warni, yang milik pribadi atau malah koleksi kesayangan bos qeqeqe Kalo begini mending cari gelas lain, safety first :D

Met berhari senin, kawans. Himpun semangat di ujung pekan!

35 comments:

  1. saya paling sering lupa nomor 5. padahal penting banget itu kalo kelaperan. ghehehe

    ReplyDelete
  2. selalu sibuk, bahkan di hari pertama, kelihatannya pekerja hebat nih. hihi

    ReplyDelete
  3. ++ Huda Tula:
    Iya nih. Kalau enaknya sih ya karena dinikmati qeqeqe seperti kerjaan lainnya lah :)

    ++ReBorn:
    Bawa aja mie instan atau mie gelas yang gampang diseduh buat ngganjel perut, terutama kalau lembur :)

    ++M A Vip:
    hehehe... nggak juga. Kan 5 langkah simple dan kemarin nggak langsung kerja lho *_*

    ReplyDelete
  4. Assalamu'alaikum Kang
    kalo butuh yang No.3 bisa order pecel Blitar nih atau wajik kletik hhh

    Nais, hal-hal kecil tapi berdampak besar pada kinerja kita

    ReplyDelete
  5. hhooo.. Benar mas,
    Semua tips diatas sesuai dg kaidah 'sedia payung sebelum hujan'
    mantabss..

    ReplyDelete
  6. salam sahabat
    egmm bagus sangat cocok dan kentara buat saya lima langkahd=di kantor baru ini memberikan sebuah kesan yang berbeda tentunya.maaf telat

    ReplyDelete
  7. hahahahahahaha... ketawa dulu sebelum komen....

    hmm... menurutku yg paling penting ya beredar cari toilet dulu,klo ga kan bisa berabe......wkwkwkwkwkwk... oh ya, ke pantri juga penting buangeeet.... :-P

    ReplyDelete
  8. ++ Pakies: Minggu kemarin liat kuliner di tipi salah satunya pecel Blitar :) jadi inget juga pecel Blitar di Jogja, ijo-ijone seger, sambelnya kemranyas

    ++Blog Santai: hal simpel kadang malah lebih nancep qeqeqe

    ++Dhana: postingan menjelang meeting Senin sore nan mendung nih :)

    ++Nyayu: celingukan 5 menit biar jangan sampe repot berjam-jam *lebay dikit* :)

    ReplyDelete
  9. lokasi toilet harus diketahui sobat ahaa

    ReplyDelete
  10. makin indah saja blognya kang.
    kalo pertama kali pindahan aku biasanya harus mengenal lebih dekat ke person, maklum suka lupaan nama orang

    ReplyDelete
  11. kantor baru dengan semangat baru pula

    ReplyDelete
  12. headernya mantap.
    itu halaman rumahmu ta kang

    ReplyDelete
  13. Sangat bermanfaat, hal yang kelihatannya kurang penting tapi ternyata sangat penting untuk kelancaran dan kenyamanan kerja..he.he..

    *siapa tahu nanti jadi orang kantoran... :D
    terimakasih...

    ReplyDelete
  14. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ------

    Hemh..belum jadi karyawana nih mas.
    Tapi kalau saya mungkin bakalan mengabadiakn ruang kerja dulu. Foto-foto narsis. Hehehehehe
    Kidiing.com


    ------

    صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد - صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

    ReplyDelete
  15. Salam Persahabatan Comon Cyber %_%

    Bagi saya paling penting itu ya no. 4,,,,
    soalnya saya agak beser.
    Nanti kalau sudah kerja di kantoran, awal yg bakal dilakukan pasti tanya ttg lokasi no.4..

    ReplyDelete
  16. Met berhari selasa mas...hehe

    Ga disuruh ngelap kaca kan, aku telat terus kalau kesini :D

    Kayanya banyak yang setuju nih, kalau point keempat itu yang terpenting..hehe

    ReplyDelete
  17. btul
    point no 4 yg utma biasana kan grogi klo awal2 :D

    ReplyDelete
  18. Yupz always remember Safety First! Selamat dengan kantor barunya:D

    ReplyDelete
  19. Poin ketiga perlu diperhatikan dengan saksama.
    Tulisan yang menarik.

    ReplyDelete
  20. kadang lingkungan baru membuat kita sedikit bingung, bagi saya yang paling penting jalan ke toilet harus utama hee...he.. karena pas kebelet lah nggak tau toilet dimana malah bingung...

    sori mas baru bisa mampir soalnya lagi migrasi ke wordpress

    ReplyDelete
  21. bener mas..mengingat nama2 temen baru kita..itu merpkn hal penting..krn orang biasanya lebih respek kl namanya diinget..:)

    ReplyDelete
  22. nice share sobat....
    salam knl ya....
    jika punya waktu silahkan mampir di tempat saya..

    ReplyDelete
  23. kantor baru dengan semangat yang baru pula

    ReplyDelete
  24. jeli sekali dalam meneliti tempat baru
    salut

    ReplyDelete
  25. asswrwb...hahhaa, asli ak lgsg ketawa baca tulisan diats..wadoww ada2 aja nih..mulai periksa tas kresek/kolong, bolu surabaya, sampe toilet...ada2 aja nih bisaaa aja untuk ide bikin postingan..ya iyalah..jurnalis gitu lho..siipp. Btw pertama, maaf telaat dtg, hehe, yang kedua Selamat! atas kerja barunya..mg2 mkn luas kesempatan u berkembang dlm sgl hal hehe..Eh biasanya bikin selamatan nih..kerjaan baru..Success 4 u...my friend!

    ReplyDelete
  26. jadi inget dulu pertama kali krja, sempet minder temennya rata2 umurnya diatas aku hehe gak ada yg seusia

    ReplyDelete
  27. kalo aku paling pertama harus tahu letak dapur dimana..hehhee karna suka ngopi bangett sihh

    ReplyDelete
  28. wah pindah kantor nih mas inung??? tapi masih d jakarta kan??

    yang pasti sih, hapalin pola interaksi dsana. Bagaimana pergaulannya. Klo udah tau tinggal masuk k arus deh...

    ReplyDelete
  29. Malem Kang... apa kabar nie? walah ternyata kita sama2 libur seminggu toh hhe....

    klo aku biasanya keluyuran nyari toilet kang klo ditempat baru hhe... abis itu kenalan sama yg aku temui sepanjang jalan ke toilet wkwkw...

    Sukses slalu Kang Inung :P

    ReplyDelete
  30. untuk poin ke-4 huahahahaha........ *njungkeL*
    *soaLnya pernah ngaLamin, sampe harus teriak-teriak duLu dari daLam. minta air. :))

    ReplyDelete