Tuesday, October 20, 2015

Trik motivasi lari: Konversi jarak


Buat pelari atau goweser, memotivasi diri sendiri itu gampang. 

Ada cara alternatif selain pasang status dan foto setiap habis peplayon dan nggenjot pedal :)

Apa itu? konversi jarak.
Tujuannya, agar bisa ngebayangin jarak tertentu itu sejauh dari mana ke mana. Rekan-rekan pelari juga menyebutnya: visualisasi.

Jadi gini. Biasanya kan kita lari-lari di trek stadion atau lapangan atawa sekitaran kompleks rumah. Kita muter-muter sampai 5Km dan seterusnya hingga 10K atau bablas 21K (half marathon bahkan tembus full marathon 42K).

Dari trek muter-muter kayak gangsingan itu, kita konversikan saja ke rute jalanan. Pakai aja beberapa aplikasi map alias peta online.

Aku biasanya pakai mapmyrun.com. pilihan lainnya banyak, gugling wae.

Hasil iseng sore ini, aku pakai peta Jogja dan bikin beberapa varian rute. 

Dari situ jadi bisa mbayangin: oh kalau 5 K itu ternyata setara dari sini ke sini. Kalau 10K kek gini n gitu. lha kalau full marathon yang 42km piye? yo bayangin aja dikalikan 4 kali wkwkwk. #siapkangalonair


Itungan konversi gini lumayan buat menyemangati diri. Ternyata latihan harian yang 5K, yang muter-muter kayak hamster itu sepadan kalau lari dari Tugu sampai fly over nJanti. bahkan finish-nya pas di depan ayam goreng Ny Suharti :) 

+++
ini gambarannya:

5K: titik nol Kantor Pos Besar - sepanjang Malioboro - nyebrang rel - Tugu - belok kanan sampai lampu merah Gramedia - belok kiri ke Bunderan UGM - belok kanan, finish di depan gerbang UNY. that's 5K!

6K? rute yang sama + lanjut ke simpang tiga Jl Gejayan belok kiri sampai pas di Selokan Mataram. :)

7K: titik nol - Tugu - bablas ke utara sampai ring road Monjali - belok kanan sampai simpang empat Jakal :)

8K: Rute yang sama (titik nol - Tugu - bablas ke utara sampai ring road Monjali - belok kanan sampai simpang empat Jakal) 

... lanjut belok kanan lagi ke arah UGM. Titik kilometer 8 pas di mulut gang Mijil (sebelum simpang empat MM UGM)

9K: rute yang sama (titik nol - Tugu - bablas ke utara sampai ring road Monjali - belok kanan sampai simpang empat Jakal - belok kanan lagi ke arah UGM. Titik kilometer 8 pas di mulut gang Mijil (sebelum simpang empat MM UGM)

... lanjut melewati simpang empat MM UGM dan finish di samping Gedung GSP UGM)

10K: rute yang sama (titik nol - Tugu - bablas ke utara sampai ring road Monjali - belok kanan sampai simpang empat Jakal - belok kanan lagi ke arah UGM. Titik kilometer 8 pas di mulut gang Mijil (sebelum simpang empat MM UGM), lewati simpang empat MM UGM, GSP UGM, lampu merah Mirota belok ke arah Bunderan UGM, lanjut dikit ke arah timur/SPBU Terban. Finish 10K di utara area parkir RS Panti Rapih.

+++

Konversi lainnya

5K: Tugu - bablasss ke timur - Galeria - UIN dan titik kilometer 5 adalah depan Ayam Ny Suharti fly over Janti :)

7K: Rute yang sama... dan finish di lampu merah simpang tiga Jl Solo-Ringroad timur.

8K: Rute yang sama pula... lanjut dan selesai di 100 meter setelah jalan masuk ke Bandara Adisutjipto.

10K: Rute yang sama plek ... plus  KR (Kedaulatan Rakyat) Jl Solo dan ngibrit sampai SPBU Kalitirto.

+++

10K lainnya: Ringroad selatan - lampu merah Demak Ijo. Start: lampu merah ring-road Jalan Parangtritis ke arah UMY - lampu merah Gamping - lanjut ikutin Ringroad Barat. Finish di lampu merah Demak Ijo. That's 10K (lebih 500meteran :))

(pada rute ini, tikungan ringroad ke UMY adalah titik kilometer 5 alias separo rute) 

No comments:

Post a Comment