Monday, November 4, 2019

Belajar lagi

sumber
Tiba-tiba iseng pengen bebikinan video tutorial, saya ngubek-ubek beberapa referensinya. Tentu jumlahnya banyak artikelnya. Dari youtube, artikel Kompasiana, blog dan lain-lain.

Ketemunya ya inilah. Sengaja saya nggak ingin banyak-banyak, ntar mabok. Ini saja kalau diitung sudah ada 6 link. Cukuplah buat pengantar pemula kek saya ini hehehe.

Sekalian anggap saja PR untuk dibaca-baca sambil makan kwaci. Semuanya di bawah ini sudah saya coba.
  1. Bikin video pendek untuk media sosial
  2. Lima jenis konten medsos
  3. Bikin vlog euy!
  4. Edit video pakai app Quik
  5. Storyboard untuk konten e-learning
  6. Komponen-komponen multimedia
Nah kalau yang suka lari, sepedaan dan aktivitas outdoor, bisa mendokumentasikan track lari/gowes memakai Relive. Gampang banget bikin videonya.

Web Penyedia Foto Gratis
Oya, sekalian saya kumpulin website yang menyediakan foto yang bisa di- download dengan gratis. Saya menyukai yang simpel (tidak perlu daftar/ registrasi dll). Jadi ini memudahkan cara mencari dan download foto gratis, juga ilustrasi, gambar, vektor, video dan lain-lain.


Ini sangat membantu kita jika ingin melengkapi artikel di blog atau web kita dengan ilustrasi foto. Tersedia pula pilihan selain foto, seperti ikon, vektor dan lain-lain, bahkan ada yang menyediakan unduh video. Bukan kah artikel makin cakep jika lengkap dengan ilustrasi foto, ye kan.

Meski gratis, sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih, sebaiknya kita menyematkan atribusi kepada sang fotografer. Gampang kok, tinggal copas format atribusi yang sudah disematkan. Ini link web foto gratis, diurutkan sesuai favorit saya hehehe:
  1. Pixabay (foto, vektor, dan video)
  2. Unsplash (foto)
  3. Freepik (foto, vektor, ikon)
  4. Pexels (foto dan video)
  5. PicJumbo (foto)
  6. Burst
  7. Foodiesfeed (banyak nih foto makanan, kuliner)
  8. StockSnap (foto)
Ada juga lainnya, karena belum sempat update, saya taruh saja link artikelnya ini ya

1 comment:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete