Monday, February 4, 2013

Keletuk...

Pernah merasa pegal-pegal di sendi pergelangan tangan, siku, dan kaki? Mungkin pernah atau malah sering.

Saya sendiri terhitung sering merasakannya.

Lantas, apakah lantas sering melakukan hal ini, seperti saya: menekuk-nekuk jari, dan pergelangannya. Juga, meluruskannya dengan hentakan sampai berbunyi keletuk atau malah lebih keras: gemeletak?

Hmmm... Dr banyak referensi termasuk kata temen yang kuliahnya di FK, kebiasaan itu nggak baik.

Konon, maafkan memakai bahasa awam, menggeletukkan sendi itu membuat gesekan di daerah sendi. Lantas, membuat cairan yang sejatinya melumasi sendi menjadi berkurang. Akibat lanjutannya, sendi lambat laun mengering. Sekali lagi maaf jika disini ane off-side he3.

Memang sih, timbul rasa lega usai menggeletukkan sendi. Tapi, lambat laun kok makin sering ya he3 saya sendiri yang paling demen, ya paling sering menekuk-nekuk pergelangan kaki, jadi agak was-was.



Lantas, seorang teman pernah berujar, jika sendi sering pegal dan sampai berkeriut, cobalah yoga. Atau aktivitas olah tubuh lainnya.

Nah, lantaran bagi saya olah raga yang paling bisa dilakukan dengan rutin adalah lari, maka sampai sekarang, itulah yang saya pacu.

Pengennya sih renang (ha3 tapi saya belum juga bisa mengapung) atau aikido, tapi kok waktu luangnya sempit banget. Kalau futsal, terhalang ritme kerja yang sampai jam 10an malam, sedangkan teman-teman mulai menggocek bola jam 09 malam.

Alhamdulillah, dengan lari pagi, tanpa terasa sekarang saya jarang merasa pegal di persendian. Berjalan kaki juga tidak cepat capai. Begitu juga usai menapak tangga.

Circuit Training
Oya, lari pagi saya lakukan berselang-seling dengan circuit training (CT). Lebih lengkapnya, coba intip link soal circuit training di sini.

Info soal CT berasal dari teman saya, Veri. Kebetulan dia memadukannya bersama usaha dietnya dan lari pagi di Kampus UI.

Saya lihat, usahanya berhasil, berat badannya turun dengan natural dan kebugaran tetap terjaga alias tidak menjadi lemas. Apalagi, kebiasaan merokok jauh berkurang atau malah berhenti total.

###

2 comments:

  1. hmmm,,, iya mas inung,, tp klo mesti olga lari aku nyerah deh,,,, aku olga nya dolan2 di desa dampingan saja ya,, sambil bawa meteran,,, wkwkwkwk

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails