Thursday, April 25, 2019

Trik Motret Sunset Pakai HP, Kuncinya di Titik Fokus


Bagi pejalan alias traveler, ataupun penyuka senja kek saya, memotret sunset merupakan hal wajib. Apalagi kita makin dimanjakan dengan makin cakepnya kamera HP sehingga mengabadikan matahari terbenam tidak lagi mesti berbekal kamera mahal.

Nah, dari sedikit pengalaman dan sharing cerita kawan-kawan, salah satu kuncian memotret sunset adalah titik fokus tepat pada si matahari.

Jadi yang kudu dilakukan saat menggunakan kamera HP ialah kita mengetukkan ujung jari ke posisi matahari.

Kafe tepi danau buat milenial, pas juga buat bocah dan keluarga, di belakang IPB Dramaga Bogor

So, jangan hanya mengarahkan kamera ke arah sunset lalu jepret. Bagaimana kalau titik fokus kamera HP kebetulan sudah berada di mataharinya? Ya tetap menjentikan ujung jari.

Memotret sunset tanpa menentukan sendiri titik fokus akan membuat foto kita terlihat datar alias flat.

Berbeda jika kita mengetukkan jari ke titik fokus pada matahari. Jepretan kita akan jauh dramatis, tajam dan rona langit juga ganteng maksimal :D

Sekali lagi, rahasia motret sunset adalah ketukkan jari ke matahari.

Untuk lebih mantap, sering-seringlah motret sunset. Makin sering, jam terbang tambah cakep kan hehehe. Practice makes perfect :)

Nah, di bawah ini 3 foto dengan tiga titik fokus. Perhatikan perbandingannya.

Fokus ideal, pas di mataharinya.

Kurang bagus karena titik fokus di bawah matahari  

Foto jadi flat dan biasa karena titik fokus makin jauh dari matahari.

Friday, April 12, 2019

Ganti Oli Mesin, Transmisi Matic dan Gardan Avanza, Berapa Duit?


April ini sudah waktunya si semok Avanza S ganti oli transmisi persneling dan gardan. Bulan lalu mobil item itu sudah ganti oli mesin. Setelah tanya-tanya dan menelpon beberapa bengkel, dapet deh list harga atawa ongkos supaya kehitung berapa duit yang mesti dirogoh dari dompet :)

Pembanding dan komparasi ga banyak, saya menelpon 2 bengkel, semoga cukup mewakili. Oya ini harga per April 2019 ya.

Oya di bagian akhir artikel, ada update per Desember 2019 tentang harga ganti oli mesin beberapa merek oli.

Di bengkel milik grup pabrikan otomotif gede, yang logonya merah dan oulet oli - akinya banyak tersebar secara nasional, untuk di Jakarta dan Jabodetabek, ngasih harga sebagai berikut:

1. Ganti oli persneling matic Avanza  old tahun 2011, pakai merek Shell (standar Dextron III)
a. Jika ganti biasa yang per 20.000 km, butuh 3 liter, @ Rp 110.000/liter, tanpa ongkos jasa. Jadi total Rp 330.000,-

b. Ganti dan kuras atau flushing untuk yang per 40.000 km maka butuh 8 liter tambah ongkos jasa Rp 90.000. Maka 8 x 110.000 (+ 90.000) = Rp 970.000,-

2. Sedangkan di bengkel umum yang kondang di komunitas Avanza Xenia di Depok, memberi harga lebih murah. Dengan merek sama dan kebutuhan volume oli yang serupa tapi harga per liternya lebih miring yakni Rp 80.000 / liter

Jadi untuk ganti oli biasa Rp 80.000 x 3 liter, totalnya Rp 240.000.

Jika mau kuras atau flushing, maka Rp 80.000 x 8 liter = 640.000

3. Untuk oli gardan, di beres dan bengkel umum memakai volume sama yakni 2 liter. Kalau volumenya sama, apakah harganya berbeda? ya tetep iya hehehe

Bengkel gede memberi harga Rp 164.000/ liter, jadi total Rp 328.000.
Sedangkan bengkel di dekat Villa Mutiara, Limo, Depok harganya sangat ramah totalnya untuk 2 liter hanya Rp 120.000.

Ga nyampe separonya euy, malah hanya 37%nya. Selisihnya Rp 208.000. Bisa buat ditabung, jajan, beli susu anak, susu buat bapake juga #eh :D


Kalkulasi perbandingan
Tinggal kita hitung dah keseluruhan biayanya. Sebagai gambaran, jika ganti oli biasa (bukan flush), di bengkel gedean Rp 330.000 dan bengkel umum Rp 240.000, selisih Rp 90.000

Jika flushing, maka selisihnya ya lumayan kerasa. Rp 970.000 vs Rp 640.000. Ada jarak Rp 330.000 hehehe

Untuk ganti oli gardan, Rp 328.000 vs Rp 120.000. Selisih Rp 208.000

Nah, apalagi lazimnya kita ganti oli transmisi persneling bersamaan dengan oli gardan. Komparasi harganya makin nohok nih. Rp 658.000 vs Rp 360.000. Selisih Rp 298.000 alias Rp 300.000 kurang duarebu.

Kalau pas waktunya flushing dan ganti oli gardan, lihat bedanya: 1.298.000 vs 760.000, selisih Rp 538.000. Jadi untuk 'barang' yang sama, beda harganya setengah juta rupiah, duit semua tuh bro :) Ssttt yang harganya lebih murah (dan tetap berkualitas) juga dapat servis cuci steam gratis, kopi dan silaturahim :)


Selisih segini mah bisa buat menuhin tanki boil pakai Pertalite, Pertamax or Shell sekalian dan buat dianggarkan jadi kebutuhan kendaraan kita lainnya jelang persiapan mudik lebaran. Lebihannya bisa buat jalan-jalan kulineran kaki lima di Bogor hehehe

Nah itulah perbandingan biaya, harga atau ongkos ganti oli persneling dan gardan mobil metic. Saya mah posting di blog sekalian buat nitip catetan. Suatu saat butuh lagi, tinggal intip di blog :)

Sebelum lebaran
Perlunya ganti oli dan mengecek kendaraan sekaligus persiapan jelang puasa dan lebaran. Baiknya kita menyempatkan sekarang sebelum bengkel penuh, kewalahan menservis boil-boil pelanggan.

Selain ganti oli, minta juga bengkel mengecek rem, kampas, kopling, kaki-kaki, aki, radiator dan mesin mobil. Sekalian cek kelayakan dan kelaikan ban. Plus spooring dan balancing. General check up gitu deh.

Yang perlu disetel ya disetel, yang perlu ganti ya ganti saja sekalian. Manfaatkan momentum ke bengkel untuk memastikan kendaraan kita sehat dan bugar kembali buat ngabuburit lanjut lebaran he-he-he.

+++

Ganti oli mesin
Nah untuk oli mesin, ini daftar harganya:
- Total 5w30 360rb
- Bardahl 5w30 330rb
- Shell 5w30 420rb

+ filter oli 35ribu

Rincian untuk semacam cek-cek dan pekerjaan lainnya, berikut ongkos atau biaya :
- Tune up 150rb
- Carbon clean 90rb
- Service rem 4 roda dan cek kaki kaki 150rb (di luar kampas rem ya, karena sesuai diagnosa dan perlu tidaknya ganti kampas)
- Minyak rem 75rb.

Totalnya (dengan asumsi pakai oli Shell yang termahal di atas) maka Rp920.000 (ga nyampai sejuta). Apalagi kalau Bardahl, hanya Rp830.000

Salam otomotip :D

Monday, April 1, 2019

Ambalan Kunci dan Hotwheel

Ambalan naruh kunci-kunci
Ini proyek doityourself yang kedua. Sebelumnya saya bebikinan rak tanaman bunga untuk di teras.

Ambalan ini untuk naruh kunci-kunci. Pernak-perniknya pakai hotwheel-nya anak bujang :) 😍

Ambalan sengaja dibuat menanjak karena ditongkrongin truk, fire rescue,dan kendaraan berat, so kesan bertenaga perlu dipertegas dengan uphill. Plus, arah laju ke depan dan nanjak tuh berasa dinamis dan ga standar datar abis :P #beingnormalisboring

Kenapa hotwheel? Karena kunci-kunci identik dengan kendaraan. Selain itu ya karena lebar excavator, mobil damkar, dkk pas ama lebar kayu palet yang 4cm. Alasan terakhir sih yang paling pas, narasi panjang lebar di depan mah buat ngebual-bual biar sok serius, sok iye, sok hokya-hokya 😀

Oya, berapa budgetnya? Kali ini beneran nol rupiah :)

#doityourself