Thursday, November 24, 2011

Semangat Pagi di Asofa



Kaka pagi tadi bangun subuh setengah lima. Tumben.

Ayah barusan sholat n Bunda masih bobok. Waktu ayah di dapur, Kaka sudah nongol di pintu belakang. Mak bedunduk :)


Sunday, November 13, 2011

Tiga Botol Susu

Semalem ketika udah tidur, Kaka bikin rekor:: minum susu 3 botol @ 60 ml.

Mulai jam 1.30, ayah bikin pake botol sedang. Lalu bangun lagi jam 3an, bikin pakai yang kecil.

Eh, jam 4.30 minta lagi n pake botol kecil lagi. Kaka tetep merem waktu minun, botolnya dipegangin bunda n ayah bergantian :)

Wednesday, November 9, 2011

Heineken

Laki-laki dari Tebet itu gelisah. Cintanya berakhir pupus dan meradang dihantam pilihan-pilihan.

Malam ini terhitung telah tiga bulan melewati ulang tahun pacaran mereka yang keempat.

+++
Baru kemarin lusa dia menemui gadisnya di sudut Cawang.
"Kok kamu lesu. Ga enak badan?" tanyanya dibumbui basa-basi standar.



Tuesday, October 4, 2011

Garuk-garuk Selasa malam

Seri menghitung mundur #1

Tepok jidat setelah garuk-garuk :))

Mulai 2-3 bulan lalu saya banyak belajar. Selain nambah ilmu baru, juga makin tahu bahwa kemampuan saya masih minim dalam banyak hal. 

Wednesday, September 14, 2011

Catatan dari Jatiuwung

Kembali dari wawancara di komplek industri di Jaiuwung, Tangerang, saya menengok sejenak milis tempat bergabung menghimpun kabar yang beredar.

Lantas, segera tertarik dengan catatan kaki seorang kawan. Bisa jadi intermezo, pantes juga jadi suntikan bathin :)

"Ketika berhenti berpikir, Anda akan kehilangan kesempatan"-- Publilius Syrus

Sunday, August 28, 2011

Merayakan Ramadhan, Lebaran dan Maaf lahir bathin

Saya baru tersadar, Ramadhan yang dua bulan kemarin saya nantikan sudah di ujung paripurna.

Tiba-tiba saya ingat, seolah baru kemarin sore satu kawan kerja berkeliling mengucap selamat berpuasa. Ketika itu sehari sebelum hari pertama bulan Ramadhan. Dan sekarang, idul fitri tinggal hitungan hari. Ah, begitu cepat waktu berlalu.

Tak terasa, lapar dahaga di panggang terik Jakarta yang dua bulan ini tidak tersiram hujan. Juga, deras peluh di jaket di tengah kemacetan Ibukota yang pekak dengan klakson. Alhamdulillah yah, minjem Syahrini, emosi bisa diendapkan, amarah pun tersegel.

Thursday, July 21, 2011

Mio

Ini bukan tentang Yamaha. Juga bukan ngulik jeroan teknologi matic. Bahkan nggak ada sangkut pautnya ama kucing tetangga bernama sama.

Yang pasti, kalau sampeyan sudah di dekat Mio, perut bakal teraduk-aduk. Isi kepala seperti dikocak-kocak. Sekujur badan bisa jadi terantuk dan limbung.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim: Korupsi Sedikit tak Apa-apa. (Nggak kaget sih, tapi langsung pingsan)

Tentu saja, postingan ini saya ambil dari situs berita.

Tujuannya untuk dokumentasi, pasalnya ssttt... bukan rahasia, kadangkala (ini kadangkala lho qiqiqi) artikel berisi kabar kontroversial bisa tiba-tiba ngilang karena kepentingan para boss yang tercolek isi berita.

Sunday, July 17, 2011

Bulak


 
Minggu malam ini ingatan saya terlempar ke ruas-ruas jalan yang diapit bentangan sawah luas. Kawan sekampung di Salakan, Sewon, Bantul lazim menyebut hamparan sawah itu, bulak. Pun begitu dengan sodara di tlatah Jawa lainnya.

Selemparan batu dari rumah di Jogja, dulu, bulak gampang didapati. Sejurus dengan banyaknya orang yang membutuhkan rumah, bulak telah berganti menjadi komplek perumahan. Sekarang, paling-paling baru bisa ditemui lagi jika menyusuri jalan menjauhi kota.

Sunday, June 19, 2011

Ice Cream

Dari sudut Jakarta, seorang kawan mengirim provokasi. "Hei, jadi pengusaha itu gampang. Tinggal lakukan saja!"

Dia minta aku tidak memedulikan koleksi buku-buku How to-nya atau tumpukan pustaka bertema motivasi diri di sudut rumah kontrakannya. Sebagian besar ia beli sejak 3-4 tahun lalu dan semua telah tandas dibacanya.

Thursday, May 26, 2011

Berburu Lagu

Faktor 'U' alias umur membuat saya tidak begitu hapal judul lagu yang lagi jadi hits. Untunglah, adanya tangga-lagu membantu mengikuti geliat musik terbaru.


Setiap hari, dari pagi hingga menjelang siang, rumah saya selalu hangat dengan nyanyian lagu Indonesia baru dari acara musik di tivi. Sembari beberes dan menyiapkan berkas kerja, saluran televisi berpindah-pindah dari Dering di Trans TV, Inbox-nya SCTV lalu Dahsyat RCTI.

Karena kuping manteng tiap pagi, saya familiar dengan melodi beberapa lagu seperti Pelangi dan Matahari-nya BIP atau lagu anyar Agnes Monica, Paralyzed. Soal lirik mah nggak begitu ngikutin karena hanya sambil lalu.

Monday, May 23, 2011

Slamet

Bisa juga ditulis 'selamet'. Artinya sama persis dengan 'selamat'. Sering disematkan sebagai nama orang sekaligus menjadi doa.

Suami pengasuh anak saya, mbak Ifa, juga bernama Slamet. Usianya di bawah saya, kira-kira 27 - 28 tahun. Dia murah senyum yang menyiratkan ketulusan. Mbak Ifa mulai mengasuh Kaka sejak istri saya mulai kembali bekerja usai cuti-melahirkan Maret silam.

Sejak Kaka dimomong Mbak Ifa, sudah berulang-ulang mas Slamet mengulurkan buah tangan ke rumah kami. Buah tangan yang benar-benar berupa buah :)

Tuesday, May 17, 2011

Just do it!


Tagline sepatu olahraga ini penggerak efektif memulai olahraga dan mengusir malas...

Dulu, saya demen jogging. Malah sempat ngerasa 'jogging-hi', badan berasa pegal-pegal jika tidak melintas di jalur lari area parkir auditorium Grha Sabha Pramana UGM, Jogja. Nun kala masih ganteng muda.

Kini setelah menua dengan usia kepala tiga, saya jadi rajin mencari alasan. Sibuk dan tidak sempat menjadi favorit berkilah. Sejatinya sih ya malas... :)

Saturday, May 14, 2011

Pagi di Asofa


Let's go!






















Kluyuran pagi-pagi, silaturahim dadakan dan tentengan.

Di sabtu pertengahan Mei ini, di ujung pekan menemani istri merayakan cuti kerja, saya memulai hari dengan mengajak dia dan Kaka (5 bulan) jalan-jalan pagi. Tidak seperti pagi atau sore sebelumnya, kali ini rutenya jauh berbeda.

Kami blusukan lewat gang kecil yang memaksa orang yang berpapasan mesti memiringkan badan. Terjepit di antara rumah petak dan bedeng dengan jalan separuh konblok setengah tanah lumpur.

Sunday, May 8, 2011

Masjid Sunset














Sore tadi saya menikmati sholat maghrib yang berbalut sunset jingga di langit biru pekat. Di Menteng yang santun, di tengah Jakarta yang menua.

Awalnya dari iseng nongkrong di warung kaki lima seberang kantor. Selepas rapat redaksi, tak ada me-time asyik selain meluruskan kaki dengan jemari mencekik leher botol bir Fanta.

Monday, May 2, 2011

Foto dan kita

Simpel: eksplorasi warna-warni matras dan kredo 'sepertiga bidang'















  



Broken-English summary:
Just click our cellular-camera or pocket, we could be a photographer. Don't mind on how much or where you buy it. Simple camera is enough to capture anything, at home, at work, street or else. Start it, ordinary moment could be golden moment when we frame it.

++

Haree gene, semua orang bisa menjadi fotografer.

Sampeyan tidak mesti berkalung kamera SLR, menyangklong tas pinggang berisi flash atau terhuyung-huyung oleh beratnya ransel bermuatan kamera kedua dan lensa tambahan.

Friday, April 29, 2011

KISS blogging

















Keep It Simple n Short

Setelah mikir-mikir dan lihat-lihat, gaya nulis saya di blog cenderung puanjang. Apalagi, jika nengok file atau postingan lama.

Seperti artikel PIK-Cakung ini. Olala, satu artikel bisa menjalar kayak akar beringin. Bandingkan dengan postingan Cirebon dan Pijat Bayi mak Aisyah.

Wednesday, April 27, 2011

Vitamin Kehamilan #3

Dramasine












Broken-English summary:
When my wife was pregnant, there're three additional vitamines as her suplemen: Dramasine, Elkana dan Nulacta Plus. Of course, we get them under our doctor supervision.

++

Ngubek-ubek file foto di kompy, tak sengaja nemuin lagi jepretan vitaminnya Bunda Kaka. Ada tiga lagi setelah vitamin yang saya posting sebelumnya, Vitamin pertama dan kedua.

Monday, April 25, 2011

Keluar Kota: Cirebon!!!



















Broken-English summary:
A few weeks ago, I went to Cirebon, West Java. Officially, it’s reportage about transaction banking but I prefer enjoy its journey, feel free with fresh air, take me-time by jogging in the morning.

Before back to Jakarta, our press-group visit Linggarjati Mouseum near Grage-Sangkan hotel, Kuningan. I have chance enjoy the exclusive train, Nusantara, from Cirebon to Jakarta. Free of charge :D


+++

Kemarin, saya dapat jatah bertandang ke Cirebon dan Kuningan. Acaranya sih asli liputan tapi, biasalah, bungkusnya jalan-jalan. Atau malah, saya dan kawan-kawan lebih mikirin kesempatan ini sebagai jalan-jalan dan liputan sebagai sambilan qe3

Tajuk acara resminya, Workshop Transaction Banking di Bank Mandiri.
Dari Jakarta, kami berangkat naik kereta rombongan 1 gerbong dari Gambir pk 09.00, turun di stasiun Cirebon 2,5 jam kemudian.

Wednesday, April 20, 2011

Pijat / Urut Bayi Mak Matsuroh

Ralat: seharusnya tertulis 'SD Grogol Utara'

Broken-English summary:
Near by our neighbourhood, we have a baby-specialist massager for our Kaka, 4 months. Her name is Mak Matsuroh, abouts 70 years old..

Her house on little-street named Gang Tanah Baru that between the Indopos Building and Sekolah Dasar (SD) Grogol Utara. If still confused, just ask if you near Indopos or that elementary school. Mak Matsuroh is a popular grandma :)



Sunday, April 17, 2011

Bekal Keluar Kota

by: Igor Terekhov/123rf
















Broken-english summary: 
As a journalist, I often have travelling to other city, sometime remote area too. Course, I must prepare my luggage. On purpose, I prepare night before departure day. So, its avoid a sense of hurry. If there's one or two additional stuff, I can manage easy. :)

++


Sejurus dengan pekerjaan jadi 'orang koran', saya juga kebagian jatah liputan keluar kota. Sebagian besar dua hari satu malam, pernah juga hingga 3 hari. Paling baru, Jumat kemarin, 15 April ke Bogor hingga outbond ke Cibalung, Bogor Selatan dibalik Gunung Salak.

Wednesday, April 13, 2011

"Bekerjalah, kayak saya"

by Orlando Rosu/123rf












Tertulis di dua sisi gerobak tukang pengumpul barang bekas, saya
memergokinya di bawah fly over jembatan kereta api listrik sekitar
Juanda, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu sepulang ngeluyur dari
Harco Mangga Dua.

Tentu saja saya tersenyum. Saya pun yakin, sang pemilik gerobak bukan
ingin mempromosikan pekerjaan atau agar orang lain mengikuti pilihan
kerjanya.

Tuesday, April 12, 2011

Tentang Hari Ini...

by natika












Terbangun dengan perut mulas dan sisa-sisa masuk angin semalam, saya memulai pagi ini dengan badan lemas dan kuyu. Tubuh sedikit dehidrasi karena masalah perut, sedikit segar setelah menenggak oralit dan sebutir Colidium.

Dibeli di apotik, obat itu sejatinya bukan yang saya inginkan. Kepada penjualnya, awalnya saya minta Imodium. Ini senjata pamungkas nan efektif. "Waaa... kita nggak punya. Tapi ada juga yang lain, sama kok. Lebih murah malah," kata si penjual.


Wednesday, April 6, 2011

April Mop: Bensin Miskin!

deviantart











Setiap kalender bergulung ke bulan April, selain soal peringatan hari lahir Ibu Kartini pada tanggal 21, kita bertemu pula dengan momentum April Mop. Tak jelas asal-usulnya seperti budaya urban lainnya yang memiliki beragam versi.  

Intinya, menjelang April dan selama bulan itu berlangsung, kita bakal dikejutkan dengan aneka kabar. Mengejutkan, menarik perhatian khalayak dan lebih bersifat berseloroh untuk bercanda meski dibungkus keseriusan agar publik percaya.

Nah, April Mop di Indonesia ternyata tidak melulu di ranah dunia hiburan. Kejutan yang menggelitik tanda tanya ternyata datang juga dari sektor migas. 

Monday, April 4, 2011

Sang Pemenang

Tujuh menit duabelas detik yang lalu, kawan sekantor tiba-tiba berdiri di samping kiri dan mengulurkan tangan. Mata yang terpaku ke layar komputer segera menangkap gerakan itu. Saya menoleh.

"Maaf ya. Kalau ada salah selama ini..."
"Lha kenapa...?"

Sunday, April 3, 2011

Bercak Putih pada Bayi

UP-DATE  3 Maret 2015
Alhamdulillah, Kaka sudah berusia 4 tahun 3 bulan, dan hingga kini tidak ada lagi bercak putih seperti ketika dia bayi :)

UP-DATE Agustus 2011: 
Alhamdulillah, setelah kami memeriksakan Kaka ke Bu Dokter Ari Muhandari Adhie, spesialis kulit di RS Ibu dan Anak "Harapan Kita", Jl S Parman/Slipi, Jakarta, bercak putih di wajahnya akhirnya hilang. Beliau adalah dokter ketiga tempat kami memeriksakan putra kami itu. 

"Berikut info RS Harapan Kita, no. telepon direct Klinik Kulit dan Kelamin: 
021-5668284, terus ekstension: 1118
http://www.rsabhk.co.id/lain-lain/telepon-penting.html"


Tentu saja ini melegakan karena pengobatan di dokter pertama tidak berbuah hasil. Dokter itu memberi masukan agar kami mengoleskan Setelah kami mengoleskan Shampo Selsun Blue yang sejatinya untuk ketombe.

Bagaimana kami akhirnya ke dokter Ari? Referensi dokter ramah ini kami dapatkan dari dokter anak yang praktik di Kemanggisan. Beliau memberikan resep salep Ezzera Cream dan body lotion untuk bayi. Hasilnya, bercak di badan berangsur hilang.

Sayangnya, bercak putih pada wajah tetap bergeming. Enggan menyingkir dari alis, samping hidung dan depan kedua telinga. Kami mulai khawatir (lagi).

Nah untuk yang di wajah, dokter yang kedua ini memang memaparkan beberapa kemungkinan. Artinya, obat-obatan sebelumnya belum tentu bukan tidak manjur tapi mesti ditelisik penyebab pasti bercak putih. Karena selama ini lebih cenderung berupa hipotesa.

Oleh karena itu, dengan bijak beliau juga memberi referensi agar kami memeriksakan Kaka ke teman sejawatnya, ya bu Dokter Ari itu yang di Harapan Kita..

Selang semingguan, kami periksa ke Dokter Ari di rumah sakit milik pemerintah itu. Beliau memaparkan dengan gamblang. Sederhananya, bercak putih pada bayi dimungkinkaan karena alergi yang nantinya terkait dengan exim.

EXIM dan ASMA
Exim kelamin? Eits, nanti dulu, exim ada macam-macam, memang ada yang berhubungan dengan exim kelamin dan kasus pada bayi kebanyakan lebih ke non-kelamin.

Nah kecenderungan exim non-kelamin juga beragam, ada yang implikasi ke pernafasan dan menjadi asma atau ke gangguan kulit kayak bercak putih.

Disini, faktor genetik banyak berperan, nggak mesti lewat jalur langsung orangtua kandung, bisa ditengarai dari saudara kita, nenek kakek sampai paman bibi.

Dokter Ari bilang, karena faktor genetik, maka kita mesti menyadari hal ini dan upaya penyembuhannya mesti cermat.

Beliau bilang, karena faktor inilah maka secara medis hanya bisa melakukan upaya pengurangan, syukur sembuh atau bercak hilang total. Kerajinan dan ketekunan ortu sendiri menjadi kunci.

Beliau itu juga menuturkan, beberapa hal yang perlu kita cermati apakah garis keluarga kita membawa faktor genetis exim, bisa dilihat dari salah satu atau gabungan tanda-tanda fisik.

Paling kentara, adakah kerabat kita yang menderita asma? Juga, apakah ada yang sering bersin di pagi hari. Lalu, bulu alis yang jarang juga menjadi penanda.

Benar juga, kakak kami salah satunya terpapar asma, keponakan kami juga. Seorang yang lain rajin bersin di pagi hari. Jelas sudah dan kami mengangguk-angguk :)

Pada bayi, selain bercak di beberapa bagian wajah secara acak, biasanya bercak melingkar di sekitar/depan kedua telinga. Persis seperti pada Kaka.


KEBERSIHAN RUMAH
Beliau juga mengingatkan, agar kebersihan rumah dijaga terutama rajin-rajin menyingkirkan debu. Periksa sudut-sudut rumah dan ventilasi udara yang biasanya debu tidak begitu terlihat.

Untuk bayi, jangan biarkan air mata dan keringat menempel terlalu lama. Sering-sering ganti bajunya jika sedang banyak keringat. Bulir keringat dan airmata ternyata juga menjadi media bercak putih menjalar.

Pula, segera seka dengan kain kering dan bersih. Pastikan pakaian si dede diseterika tanpa pewangi/pengharum setrika usai dijemur kering, jangan hanya dilipat.

Wednesday, March 30, 2011

Mujarab
















Bertahun lalu, saya sering terpapar flu. Diawali dengan tenggorokan gatal, lantas pening, batuk, dan pilek. Jika tidak, sakit kepala menghujam tak kenal cuaca. Bisa saat terik atau ketika gerimis menjelang hujan.

Pelan-pelan, salah satu kantung tas saya khususkan untuk menyimpan obat. Bukan obat kelas berat yang merknya aneh-aneh khas resep dokter. Hanya obat pasaran seperti Saridon untuk sakit kepala dan Decolgen untuk demam. Jika perlu kadang saya sisipkan Tolak Angin. Itupun sudah sah jadi pertanda lemahnya daya tahan tubuh.


Sunday, February 6, 2011

Menulis Feature


Ujung Januari kemarin, saya bersama 23 wartawan dari beragam media mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di bilangan Kebon Sirih, Jakarta. Salah satu tugas UKW yang digelar Lembaga Pers Dr Sutomo (LPDS) dan TIFA Indonesia ini adalah menulis feature tentang teman sesama peserta ujian.
 
Sebelumnya, kami ngobrol satu sama lain, semacam interview-lah untuk menghimpun cerita.

Sunday, January 16, 2011

Pemusnahan Kedua Benteng Somba Opu, Makassar

Kali ini saya 'peduli amat' dengan posting orisinil. Tapi saya juga ogah kopas - copy-paste, maka saya lampirkan link artikel upaya penyelamatan situs bersejarah di bumi Makassar, Sulawesi Selatan.

Dengan lampiran link, informasi tetap terbagi, solidaritas melambung, kepedulian terangkai. Mungkin kita tidak mampu berbuat sesuatu untuk kasus ini, tapi kita bisa 'menempeleng' diri sendiri untuk kasus lain di area sekitar kita. :D

Monggo mampir ke alamat ini:


Trims atas share info ini dari sister Yuli ANDARI Merdikawaningtyas, teman kampus dulu, kawan FB dan sutradara "Joki Kecil" (pemenang Eagle Award I - Ajang Film Dokumenter, Metro TV)

Salam blogger :)

Monday, January 3, 2011

Nonton...

Saya penggemar film. Paling suka fim action dan komedi. Buat selingan demen juga genre dokumenter dan drama. Selain bioskop, koleksi keping cakram DVD jadi pilihan.

Nah untuk mendapatkan kualitas gambarnya sudah bagus dan terjemahan Indonesia, saya mesti menunggu 3 minggu hingga sebulan setelah tayang di bioskop. Tentu di lapak-lapak atau nyelonong ke toko DVD original.


LinkWithin

Related Posts with Thumbnails