Monday, August 16, 2010

Bejo dan Semangatnya…

Kenalkan kawan lama saya. Ia selalu ceria dan positif thinking, serta seoptimis namanya, Bejo.
Sayang, meski menjelang peringatan Proklamasi ini ia masih sumringah, siang tadi ia menemui saya sambil garuk-garuk kepala. Satu baris kalimat ia lontarkan. Lugas.
Lantas, saya menulis postingan ini untuk membantunya agar ia bisa manggut-manggut cerah ceria. O, berarti saya sudah memberinya pencerahan sehingga saat ini saya akan cerita pada soba-sobat blogger?

Tidak kawan. Justru saya juga ikut-ikutan garuk-garuk kepala. Toh saya bukan Ki Joko Bodo atau Mario Teguh yang cerdas memberi pencerahan. Saya tak lebih seperti anggota DPR yang bisanya cuma menampung dan menyalurkan pertanyaan.
Lha, solusinya? Make dare it! (baca; mak-dar-it) Maka dari itu, saya juga menyalurkan pertanyaan Bejo pada hadirin. Begini ceritanya.
1.       Bejo seorang lulusan sarjana.
2.       Ia kini seorang guru sekolah menengah kejuruan di Jawa Timur.
3.       Bejo suka membaca berita koran dari halaman depan sampai iklan baris.
4.       Waktu saya tanya, pokok'e dia itu suka semua hal: Kapolri menghilang hingga transfer pemain liga Inggris.
5.       Ia juga menjelajahi majalah, buku, note/catatan Facebook dan keluyuran ke daftar blogroll saya. Mungkin salah satunya juga blog sampeyan.
6.       Dan, Bejo ingin menulis.
7.       Guru sekolah menengah itu kepingin bisa menulis.
8.       Tapi, penyuka berita koran itu mengaku tidak bisa menulis.
9.       Ia ingin menulis. Menulis. Dan, bersemangat belajar menulis.
10.   Pokoke menulis. Entah nantinya buat di majalah, makalah, blog atau apapun.
11.   Sebelum pamit dan memunggungi saya, ia nitip pesan, "Bilang ke teman-teman sampeyan, Bejo pengen menulis!" Kali ini dengan tanda seru (!)

Selama saya beberes meja kerja di kantor untuk bersiap pulang, saya masih garuk-garuk kepala. Kurikulum apa yang bisa membuat Bejo bisa menulis ya?

Nah, sebelum saya meluncur ke Ki Joko Bodo, Mario Teguh, Andrea Hirata, Ayu Utami hingga mengetuk hati eh pintu Happy Salma, tolonglah beri kisi-kisi menulis bagi sahabat saya ini. 
Ia mungkin juga sudah mengklik blog Anda lewat blogroll dan nongkrongin postingan-postingan Anda semalaman dengan 'muka-pengen'-nya hehehe…

41 comments:

  1. mari kita tunggu kehadiran teman abang,,,bang bejo ,,,^^,... semngat untuk bang bejo,..!!

    ReplyDelete
  2. Si bejo lg ngebet pengen nulis?bgaiman klo dri pengalaman pribadi si bejo aja mas mungkin lebh mudah n jelajahi mbah google untk mendpat kan pncerahan...

    ReplyDelete
  3. saya juga garuk-garuk kepala nih kalo ditanya bagaimana cara menulis. Apalagi kemarin sempat malas nulis gara-gara bau kentutnya Kang anas yang sekilas mematahkan semangat ane yang sedang belajar ngeblog dan nulis, tapi setelah saya simak lebih jauh ternyata Kang Anas justru memberikan semangat bagaimana menulis. (maaf Kang Anas ane ngrasani, tapi yang baik loh heheh)
    Pokoknya, tetap semangat belajar nulis dan semangat menjalin tali silaturrahim

    ReplyDelete
  4. pendapat gua sobat.., di tulis aja kisah nya bejo itu.., se-detil2nya.. dari ia lahir ampe sekarang..,dari kehidupan pribadi ya ampe umum..., wah pasti menarik dan gokil tuh..., lam kenal ya... jgan lupa mampir ke blog ku..

    ReplyDelete
  5. weleh2...la lbh baik berguru lgsg pd bang Inung si empunya 'halaman samping'yg notabene udah experience dlm hal tulis menulis...jd ya ora usah garuk2 kepala lg tho...monggo, matur suwun....

    ReplyDelete
  6. nah loh... aku juga bingung.... tapi kayaknya aku cuma bisa kasih pesan aja ke saudara Bejho : "where's there a will, there's a way...!! "

    ReplyDelete
  7. waahh...bingung juga ni hehehe..mas inung aja yg udah expert, garuk2 kepala juga deh heheh...
    tp, menulis bs dimulai dr pengalaman yg dilihat dan dirasakan oleh bejo..dan dr situ, mulai deh nulis...ditunggu tulisane bejo ya mas...semangattt...:)

    ReplyDelete
  8. semangat sllu untuk kang Bejo, hehe :D

    ap kabat kang? moga sllu sehat sllu, amin...

    ReplyDelete
  9. Waduh mas Bejo... kami selalu menunggu kehadiranmu.... Untung cita citanya bukan "saya mau ngopas..."

    ReplyDelete
  10. semangat 17 eh 18 agustus deh mas,heheh keep blogging ajaaa

    ReplyDelete
  11. @ Sahabat Halaman Samping:
    :D ternyata menulis sendiri dan sharing kiat menulis emang dua hal yang berbeda meskiada irisannya :) Aku bingungnya mulai dari mana ... Btw, progress sharing keroyokan buat Kang Bejo ini ntar aku posting :) Trims all :D

    ReplyDelete
  12. hehe....Mas Bejo, tulis aja apa yang pengen ditulis. Dan bener kata Gardoe Djaga, untung bukan mau ngopas ya :D

    Ditunggu kehadiran tulisannya mas Bejo ^_^

    ReplyDelete
  13. Tapi biasanya kalau bulan puasa ,perut kan kosong ide untuk menulis biasanya akan cepet keluar.....!!!! Yang penting ada niat Bt Mas Bejo....mainkan jarimu di keyboard...

    ReplyDelete
  14. mas Bejo bisa disarankan untuk menulis pengalaman sehari-hari aja.. bentuknya seperti cerita serial, atau cerita bersambung...

    Jika mas Bejo mau menulis di majalah berarti format yang pas adalah cerber (cerita bersambung).. tapi jika dia mau membuat blog, tulislah dalam format serial bertema..

    tema awal ceritanya kan sudah ketemu tuh.. judulnya 'BGB'..

    "BUKAN GARUK-GARUK KEPALA BIASA"

    Wkwkwkwkkk.....

    ReplyDelete
  15. saya belum garuk",kepala saya gatal duluan...
    ingin nulis apa "KI BEJO"...
    buatkan aja beliau blog mas... kan kang inung udah lihat menulis postingan,turunkanlah ilmunya buat KI BEJO...

    proses pmblajarankan bisa drmn saja.ntr lama kelamaan ide itu akn muncul sendirinya..
    ayo KI BEJO buruan gabung...

    ReplyDelete
  16. heheheee... Sampaikan salam takzim saya buat bejo. Sya jga ikut2an garuk kepala neh ntuk ngasih kisi-kisi menulis.
    Biasanya yg paling sulit adalah memulai. Setelah itu, everything will be easy and simple.
    Salam sobat :)

    ReplyDelete
  17. saya bisa menuLis karena gemar membaca dan biLa Om Bejo gemar membaca, saya kira sudah bisa menuangkan inspirasinya dengan tuLisan sendiri (untuk semntara) tanpa harus terbeLenggu pada suatu konsep tertentu. paLing tidak menuangkan apa yg teLah di ketahui dengan gaya tuLisan sendiri.
    (mungkin) Om Bejo bukan tidak bisa menuLis tapi kurang berani atau ragu untuk memuLai sebuah tuLisan, nah disiniLah perLunya sebuah kepercayaan diri.
    saya kira semua tuLisan bagus, adapun hasiLnya kurang bagus (bagi yg meniLai tuLisan tsb) itu hanya sebuah keceLakaan. seperti haLnya seorang jurunya masak, tentunya ingin menciptakan sebuah masakan yg Lezat tetapi biLa memang hasiL masakannya kurang Lezat berarti itu merupakan sebuah cambut untuk Lebih mendaLami resep masakan tsb.
    saya tunggu tuLisannya Om Bejo, sebagai sebuah apresiasi untuk bersama-sama beLajar mendiseminasikan iLmu pengetahuan, pengaLaman, dan Lain sebagainya yg kira dapat bermanfaat bagi kita semua.

    ReplyDelete
  18. kalau masalah menulis hampir setahun saya ngeblog, saya massih belum mengerti bagaimana membuat sebuh tuisan yang benar2 bisa dinikmati oleh pembaca...

    semangat terus but bejo....

    ReplyDelete
  19. tulis tentang diri sendiri aja dulu kang?
    mungkin tulis tentang hobi, atau curhat, atau apalah yang bisa dijadikan tulisan
    cuma saran lho ini
    hehe

    ReplyDelete
  20. menulis apa saja yang ada di pikiran kita juga bagus, puisi misalnya, banyak blogger2 yang menulis puisi dan sampai saat ini aku kagum kok bisa menulis dengan bahasa yang sangat indah

    ReplyDelete
  21. Nulis tentang apa yang dia suka, dengan bahasa yang dia suka, lama-lama juga terbiasa... bisa karena biasa, biasa karena terbiasa...he.he
    saya percaya dia bisa, dan dia pasti Bejo/Beruntung he.he
    salam...

    ReplyDelete
  22. Ayo mas Bejo bisa koq! Aku salut dengan keterbukaan dan semangat mas Bejo. Salam sukses selalu buat mas Bejo.

    ReplyDelete
  23. bingung juga ngasih saran, aku pun baru belajar nulis gak beda jauh sama Bejo

    ReplyDelete
  24. Tulis aja apa yang ingin ditulis. Mulai dari satu kalimat, meningkat menjadi satu bait dan meningkat menjadi satu halaman...

    ReplyDelete
  25. Untuk mas Bejo.., semoga tetap semangat belajar menulis. Jangan pernah menyerah. Kalau kata Andrea Hirata sih.., tulis aja apa yang ada dalam pikiran, tak perlu ragu. Setelah selesai baru dilakukan editing.. :)

    ReplyDelete
  26. Siank Sob...

    waduh... klo ditanya tentang cara menulis.. aku angkat tangan Sob... soalnya dari Sekolah bahasa Indonesia jelek mulu, apalagi kuliah.. Huahh. cuma dapet B bahasa Indonesia...... jadi klo tanya ke aku ya suka2 aja deh cara menulisnya.. yg penting orang lain ngerti hhe....

    Semangat n sukses Sob.. slam buat Bejo... knp gak ng'blog juga toh???

    ReplyDelete
  27. seneng kalo tau ada yang semangat nulis kayak bejo..suruh aja dulu nulis sembarang, ampe dia terbiasa nulis, lama-lama pasti akan terbiasa dan lancar,.:)

    ReplyDelete
  28. Jika Mas Bejo pengen nulis, tapi bingung bagaimana dan apa yang mau ditulis, hmmm...ada tips paling gampang teman. Sebagai starting point, Suru aja Bejo menuliskan kenapa dia pengen nulis. he he he...! Mungkin akan mengalirlah segala apa yang ada dibenaknya.

    Salam Blogger

    ReplyDelete
  29. suruh aja dulu nulis pengalaman dia sehari - hari bang

    ReplyDelete
  30. wah yang jelas jangan tanya sama saya, saya bukan ahlinya. hehehhe. yang paling penting sih, lakukan saja, nda perlu teori2 macem2.

    sudah lama nih ngga berkunjung di halaman sampingnya mas inung.. selamat malam ;)

    ReplyDelete
  31. lha nggak usah kemana-mana nikmati aja semua postingan blog ini ampe habis lawon tulisan di blog ini hebat kok, gitu aja kok pusing

    ReplyDelete
  32. jadi penasaran ama bang bejo itu yang mana ekkeee

    ReplyDelete
  33. sudah hampir seminggu ki bejo blm datang juga kang...
    kami masih menunggu beliau datang...

    ReplyDelete
  34. semoga bejo selalu beruntung dalam menjalani hidup.. walau menjadi guru di daerah tapi tetap bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.. :)

    ReplyDelete
  35. untuk kisi-kisi, rasanya terlalu berat di kepala saya.
    kalau untuk kang bejo..gimana kalau nggak usah mikir apa yang kira2 bagus untuk ditulis, tetapi sebaliknya beliau yang tentu sudah biasa ngomong, dituliskan aja omongannya itu.

    ReplyDelete
  36. Idem bank.. klo d tanya coal tulis menulis q jg garuk2 kepala thok...! mukin yg master nulis bisa add tulisannnya...

    ReplyDelete
  37. ga perlu ke ki joko bodo, dia paranormal kan?, paranormal biasanya ngaku pinter hal-hal gaib dan gemar meramal masa depan.
    Padahal Rasul SAW dan malaikat Jibril, 2 makhluk ALLAH terbaik, tidak mengetahui ilmu ghaib.
    Hati-hati bisa dosa Syirik

    ReplyDelete
  38. semoga semangatnya Pak Guru Bejo untuk menulis tidak pernah luntur yaa

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails