Friday, August 13, 2010

Sukses Milik Gue, Kalau Gagal ya Gara-gara Loe...

Pengennya, ngeblog yang bikin nyaman kita sebagai pemilik. Sayang, kita sendiri yang menjerumuskan diri dalam mimpi-mimpi maya.

Kadang kita mengawali blogging dengan nempel terus pada blog tutorial. Blog tutorial sejatinya berniat baik karena memandu kita. Saya yakin, blogger tutuorial tidak semua bermaksud jelek menjerumuskan kita..

Masalahnya, sejatinya ada pada kita. Terlalu terkesima dengan hasil dan tolok ukur berupa angka PR dan Alexa, baclink dan lain-lain. Malah mengawali blogging untuk menangguk dollar, ketika belum berhasil lantas maki-maki qe3

Tak susah ditemui, di blog tutorial menulis tentang prinsip mendasar blogging: konten, konten dan konten. Artinya, ndang nulis-so, cah qe3 maksudnya, nulis, nulis dan nulis.

Ini berarti blog tutorial sendiri sudah mengingatkan kita untuk rajin menulis yang kita sukai dan jangan memaksakan diri menulis yang (kita kira) bakal menarik pengunjung. Akhirnya ya kita bloging secara instan: kopi-paste dll

Lha wong belum nyoba rajin nulis tentang apapun kok mimpi mendapat ranking Alexa sejajar ama gurunya qe3 tepok jidat dah :D pembelaannya, "Kan udah pasang meta-tag, keyword, tips SEO dll" tapi postingannya cuma kopi-paste dari e-book SEO haiyaaa... :D

Terus kita menyalahkan blog tutorial, blog webmaster, sambil diam-diam menghitung berapa rupiah yang kita keluarkan untuk beli E-Book dan beli link untuk mengerek Alexa. (tapi nggak ngaku kalau motivasi awalnya demi dollar qe3 pokoknya maki-maki terus, haiyaaa...)


Juga, sengaja acuh bahwa sejatinya blog tutorial sudah mengingatkan agar menulis yang kita sukai dan kuasai lewat sekolah, kuliah atau pekerjaan sehari-hari.

Kalau anak IT ya nuliso pengalaman utak-atik komputer, yang doyan ngulik motor ya nuliso otomotif qe3 ya demen curhat, yo curhat-o. Yang cinta dan sebel ama fenomena sosial-politik-budaya yo nuliso dengan kata-kata sendiri. Atau menulis tentang apapun tanpa menjadi korban ambisi instan.

Saya sendiri blogger-personal bukan monetize, tapi kadang mampir ke blog SEO atau para master, mereka menyebutkan: bisnis online termasuk iklan per klik, butuh kerja keras dan waktu lama. Artinya, apapun hasilnya, sampeyan harus siap kalah plus jangan kaget kalau sukses. Persis Pilkada deh! :)

Buat penyegaran, coba tengok ndorokakung, nonadita, imanbrotoseno, ndobos, mbahsangkil, tikabanget dan lain-lain masih banyak banget.

Juga main ke blog afiliasi macam kompasiana , blogdetik, atau dagdigdug. Di situ, angin blogging 'jadi-diri-sendiri' dapat kita nikmati dan boleh menjadi cermin qe3 Jangan mengira deh bahwa kebanyakan blogger adalah pemburu dollar dan backlink. Mungkin mereka malah heran karena nggak mikirin begituan qe3 Silakan membuka diri, be-your-self, dan keep open mind.

Juga jangan bertingkah bak anak kecil, "Sukses Ngeblog Milik Gue, Kalau Gagal ya Gara-gara Loe..." :D

28 comments:

  1. Mantab kwan ! Tidak ada kesuksesan dgn istant tanpa kucuran keringat.
    Dapat dolar dari adsense ataupun dr monetize butuh kerja keras.
    Setidaknya kita hrus fokus pd postingan yg membuat orang tidak kapok mengunjungi blog kita.
    klo kualitas postingan kita ok, Blogger master akan interest juga mengunjungi.
    Salam sobat :)

    ReplyDelete
  2. hehehehe.. aku ga ngerti tentang SEO atau apaan tuh mas... mau cari duit dengan pasang iklan kayaknya malah buat kita kayak pengemis di blog kita sendiri, karena tulisan kita malah kurang terlihat gara2 ramenya kontens iklan yg berkedap-kedip ria(tapi ga bisa juga nyalahin temen2 yg berjuang-namanya juga usaha, yang penting niatnya baik untuk berbagi.. Tetap Semangat Semua!!)

    Nge-blog atau dunia online lainnya klo aku hanya ku jadikan untuk refresh dari seharian aku di lapangan (itung" cari info baru, klo ngandalin koran lokal aku hanya nemui berita pilkada dan kriminalitas, mumet.. hehehe)

    nyanyi aja aah... (shine on "dewa") :

    "....hidup ini punya sejuta warna, tak hanya hitam putih, begitu adanya. Apa yg kamu yakini sebagai sebuah kebenaran, mungkin bukanlah sebuah kebenaran buat yg lainnya... Shine on..."

    Nb. uang ngamennya langsung di antar ke cerita hujan ya.. xixixixixi... ga boleh dituker pake kolak loh.. ^_^

    ReplyDelete
  3. yah itu sih terserah persepsi masing-masing, bagi yg suka nyeo monggo di kejar SEOnya. bagi yg suka nuLis mawon, yah monggo tuLisannya diperbanyak dan terus diperbaiki kuaLitasnya. bagi yg kepingin dakwah, yah monggo syiarkan syariatnya seLuas-Luasnya.
    bagi saya yang penting hepi bLogging aja.
    menanggapi komentar sahabat Inung:
    saya marah bukan karena orang teLah berpriLaku buruk kpd saya, tetapi saya marah karena saya miris meLihat bLog sahabat-sahabat saya dgn konten yg menarik (murni) dan informatif tetapi teLah mereka sampahi. adapun yg saya Lakukan adLh bentuk apresiasi sebagai contoh bagi mereka, karena seteLah saya konfirmasikan kpd (bbrpa sahabat) yg bersangkutan kurang berani untuk berteriak keras sehingga saya yg wakiLi. dan saya tidak takut untuk menerima dari resikonya, kaLaupun harus tamat yah tamatLah saya karena saya masih punya cadangan bbrpa devisa bLogweb yg Lbh bsr.

    ReplyDelete
  4. ada PR atau gak, alexa kurus atau gendut gak masalah
    yang penting membaca dan menulis dan banyak teman pastinya, dan yang pasti aku gak terlalu suka dollar, aku sukanya rupiah :D
    xixixi

    bentar lagi sahur ni kang...

    ReplyDelete
  5. wah ane jadi bingung mau koment apa,,ah pokonya selamat menunaikan ibadah puasa weh nya buat semuanya..

    ReplyDelete
  6. aku yang penting posting aja sobat , soal alexa dan PR akan datang sendirinya, memang awal-awal pernah care dengan hal itu tapi sekarang ya biarlah berjalan saja yang penting share dan silaturrahmi, maaf baru berkunjung

    ReplyDelete
  7. Yap, kamu ekspresikan saja semuanya di blog kamu, mau tulisan, bisnis, pokoke semuanya, karena pada dasarnya blog memang ajang ekspresikan

    ReplyDelete
  8. Logika Angkringannya gini kira kira :

    1. Kalau mau cari duik lewat blog, ya suguhi konten yang bermanfaat. Kalau bisa fokus saja di satu masalah. Tapi bahas dari A sampai Z. Istilahnya mas Peyek, buatlah blog yang Authority Site!

    2. Kontennya yang banyak dicari orang di internet, sukur sukur kompetitor nya dikit. Cara menentukannya? Ya survey..

    3. Gabungan 1 dan 2 adalah upayakan blog kita dikunjungi bukan lewat tukar link atau follow2 an, maksudnya, upayakan blog kita ditemui di halaman pertama google sukur sukur urutan pertama, dan untuk kata kunci yang banyak dicari orang.

    Blog saya masuk urutan ke 3 google untuk kata kunci gardoe djaga, tapi apa ya ada orang cari informasi gardoe djaga di internet? he he..

    4. Lha nomer 3 itu katanya bisa dicapai kalau kita nerapkan tekknik seo.

    5. Kesimpulannya, setuju sama mas Inung, buat apa mikir SEO dan alexa kalau sekedar personal blog.

    6. Tapi terus terang, kesannya keren gitu kalau ada iklan di blog kita... kayaknya gimanaa gitu.. Saya sebenarnya pingin masang iklan angkringannya mas Peyek di blog saya, tapi mas Peyek bilang;"gratis to?"..

    Mohon maaf kalau nggak berkenan.. Just keep blogging .. Just keep blogging.. just keep blogging [Nemo Mode : ON]

    ReplyDelete
  9. iya mas..yg penting tuh rajin nulis, biar semuanya ngikutin...juga ga lupa blogwalking heheh..

    ReplyDelete
  10. Salam kenal aja buat mas inung,
    Saya setuju dengan sampean mas hehe ... buatlah blog yg original sesuai kemampuan, jadi diri sendiri, jangan asal copas, dan jg keep post yg bermanfaat bagi semua, masalah alexa SEO tu jg aq lom paham hehe ...

    ReplyDelete
  11. ngeblog ya ngeblog saja, kalau berusaha untuk lebih terindex sama mbah google sedikit tips dari para master nggak salah buat dicoba, tapi ya jangan berharap banyak he.he.he
    makasih om, semangat ngeblog biar dicinta sama alexa he.he
    salam

    ReplyDelete
  12. haha,,,, segalanya tergantung niat pa..
    keep blogging....
    semangat!!

    ReplyDelete
  13. lagi-lagi yang diingat ya belajar menulis...hehe...
    kalau saya belajar SEO nanti Pak...kalau sudah ada keinginan monetize blog...yang penting sekarang belajar nulis...karena seingat saya yang saat itu maniak alexa dan sekarang tidak kunjung naik juga...salah satu tips diet alexa ya menulis...hehe...
    tapi sayng tulisannya belum ada yang bermutu...hiks...hiks...semoga saja selalu ada pencerahan saat menulis...

    ReplyDelete
  14. @ all Sobat Halaman Samping:
    qe3 bukan maksud ane anti-monetize blog atau SEO. Seperti tersebut di atas, lha wong saya aja juga make tips SEO sederhana, misalnya nasihat mendasar: nulis, nulis dan nulis, betul kan? :)

    Postingan saya itu dimaksudkan bahwa jika memang berniat mendapat duit dari blog, ini memang perlu kerja keras dan waktu lama. jangan berharap instan dan cepet kecewa jika belum dapet hasilnya.

    Seperti Om Rame bilang eh tulis soal kemirisan, saya juga miris liat blog yang kesannya menyalahkan orang lain gitu loh, karena belum juga mendapat rupiah. Lha wong sudah dibilangin: kalau main SEO dan blog bisnis memang butuh waktu lama je dan ke-sabar-an :)

    Intinya ya don't blame to anyone coz it's our own decision. Jangan menyalahkan orang lain karena keputusan kita untuk bermain blog bisnis 100 persen di tangan kita dan kitalah yang menanggung risikonya.

    Terkait blog tutorial, sekali lagi, mereka
    sejatinya udah berbaik hati ngasih panduan dan jauh-jauh hari mengingatkan rambu-rambunya. Dan jangan menyalahkan qe3 semua tergantung "man behind the gun", tergantung kita selaku pemakai tips dan triks SEO, keyword dll dan bukan gara-gara pabriknya (blog turotial) hehehe...

    Pas seperti komentarnya Bro Sukadi: "... sedikit tips dari para master nggak salah buat dicoba, tapi ya jangan berharap banyak he.he.he."

    Keep smile :)

    ReplyDelete
  15. yang jelas, kerja keras adalah segalanya .....

    ReplyDelete
  16. waaah...
    Nice artikel...
    Mantap...

    Kunjungan Perdana kawand..

    Bila kata merangkai dusta..
    Bila langkah membekas lara…
    Bila hati penuh prasangka…
    Dan bila Ada langkah yang menoreh luka.Mohon bukakan pintu maaf…
    MARHABAN YAA RAMADHAN...

    SALAM BERKAWAND ,,,,..

    ReplyDelete
  17. hop hop hop kang inung tahan dulu bentar......dan yang pasti kang innamal 'amalu binniah, he he he, soalnya saya juga masih sedang dalam belajar nembak keywords kang, untuk dagangan saya itu, tau kan?

    ReplyDelete
  18. iyah Om. kaLo toh emang bLog buat bisnis, enggak perLu meLakukan haL kemirisan tersebut. karena memang ada jaLurnya sendiri, saya juga punya bLog buat bisnis (yg saya sebut sumber devisa, seperti di atas) nah itu saya Lakukan untuk bisnis aja dan hasiLnya saya kira Lebih besar dari pada umumnya karyawan perusahaan. tapi yah harus bermodaL duLu (skiLL dan materiL) atau mencari mitra bisnis.
    toh kaLopun bLog personaL, saya setujua dengan yg Om Inung sampaikan. yakni, toh kaLo rajin nuLis dan tuLisan tersebut hasiL kreasi sendiri tentunya pintu SEO pun akan terbuka Lebar.
    sebagai contoh, sekedar berbagi. buLan desember 2009 saya buka bLog personaL, sampe buLan februari masih pasif cuma buat belajar utak-atik tempLate aja. buLan maret muLai nuLis, eh buLan juni saya cek di googLe taunya udah dapet pagerank waLaupun baru peringkat 2 dan aLexa sekitar di angka 600-an. padahal bLog tsb enggak pernah di ikut2an program tutor SEO.
    jadi ituLah sekeLumit pengaLaman saya, semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  19. artikel yang menarik untuk dibaca kawan...
    lanjutkan...

    ReplyDelete
  20. Aku ra pernah perduli sama PR dan Alexa.. dan klo monetize ya Sob.. aku dlu jujur penggila berat.. malahan gak kerja dan cuma hidup dari PPC

    biarpun sekarang udah tak tinggalin karena lebih seneng kerja nyata.......

    untuk yg terakhir... yg aku kenal cuma ndoro kakung Sob.. hhe.. maklum cuma si Ndoro yg asik ngobrol sama Blogger kalangan biasa kaya aku haha.... wah untuk kompasiana aku pengagu beratnya tuh hhe......

    maaf sebelumnya aku telat..... Semangat

    ReplyDelete
  21. .......cuma bisa katakan: anda benar sobat ! yang mau ngeblog serius silahkan, yang mau nyantai juga monggo !

    ReplyDelete
  22. Terkadang Ngeblog bukan sekedar masalah angka..

    ReplyDelete
  23. hmmm, dl awalnya cm buat nyimpen data spy hd lptop g penuh...he3, jd bnyk data yg cm disave thok,ora dipublish. Eh trnyta bs sekalian u menyalurkan 'suara' pd seseorg melalui tulisan.Dan yg terakhir malah bs sy mnfaatkan u buat tk online dan promosi ush...makanya ora ngerti blas ttg hal alexa dsb, tp yo skrg mulai 'ngeh' tp ora trlalu care/peduli...dg hal begituan...he3...

    ReplyDelete
  24. nek menurutku semuanya tergantung tujuan kita ngeblog itu apa, kalo aku pribadi sih kalo blog bisa sambil menghasilkan duit ya why not? paling ga sambil ngenet tapi gratis
    jujur memang aku sendiri punya blog bisnis juga, n berharap bisa sukses, tapi ga pernah nyalahin lho kalo ada gagal2 dikit

    ReplyDelete
  25. Secara kasar ada 2 pintu masuk pengunjung dan prestasi blogging kita. Pintu pertama adalah pintu depan. Itulah SEO. Tapi krn ramainya blogger memburu SEO, pintu ini jd antri dan macet luar biasa. Tp ada satu pintu yg sering terlupakan...yaitu "pintu samping". Yg tdk mau ikut-ikuta buka saja pintu samping lebar-lebar. Cepat lambat, satu persatu akan tahu, ternyata ad pintu yg lebih aman dan jelas. Tidak erlu ikuta antri dan berdesak-desakan. Ya, itula pintu update, menulis, da menulis dg spenuh hati. Dan pintu ini semakin lebar, jika menulis mmg untuk manusia yg ingin membaca, bukan untuk rbot SEO....

    ReplyDelete
  26. kalo blogging, yang penting hepi aja Om..
    Dija gak mikirin yang lain

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails