Tuesday, April 12, 2011

Tentang Hari Ini...

by natika












Terbangun dengan perut mulas dan sisa-sisa masuk angin semalam, saya memulai pagi ini dengan badan lemas dan kuyu. Tubuh sedikit dehidrasi karena masalah perut, sedikit segar setelah menenggak oralit dan sebutir Colidium.

Dibeli di apotik, obat itu sejatinya bukan yang saya inginkan. Kepada penjualnya, awalnya saya minta Imodium. Ini senjata pamungkas nan efektif. "Waaa... kita nggak punya. Tapi ada juga yang lain, sama kok. Lebih murah malah," kata si penjual.


Selembar Rp 5000 lantas ditukar dengan 10 butir Colidium. Bandingkan dengan Imodium yang sebutirnya mesti ditebus dengan Rp 4000-5000. Sepersepuluh, batin saya menghitung. Benar juga, sekarang badan enakan. Ini juga karena beberapa air putih untuk menambal kekurangan cairan.

Hingga sore ini, Alhamdulillah, perut tidak terlalu bertingkah. Sedikit heran, karena jika perut didera mulas, biasanya sakit melilit seharian bahkan hingga malam.

Oiya, saya pikir, selain obat tentu ada campur tangan psikologis. Ceilahhhh...

Tapi bener lho. Pagi tadi saya membayangkan masuk kantor selepas tengah hari bahkan menjelang sore untuk memulihkan badan yang lemas. Tapi, sekitar adzan dluhur, saya berangkat ke Wisma Antara di Medan Merdeka Selatan seberang Monas untuk liputan soal maritim. Sedikit memaksakan diri memang.

Pikir saya, "Siapa tahu kalau diajak kerja, badan lupa kalau onderdilnya lagi bermasalah..."

Ini seperti juga dengan istri saya, bundanya Kaka. Ketika pusing kepala iseng mampir di pagi hari, ia malah 'melawannya'. Alih-alih minum obat, ia bergegas ke kantor, sarapan sop iga di samping Gramedia Jl Panjang atau di warteg Ijo, Duri Kepa. Dan, bekerja!

"Masih pusing, Bunda?" tanya saya via sambungan sinyal di suatu sore.
"Sudah lupa tuh," jawabnya menirukan iklan obat flu.

Ayo, jangan gampang menyerah pada obat! :D

***

6 comments:

  1. aku flu biasanya..( iklan ) ultraflu..mau bodrexin atau inzana malu..wes tuooo...:)...Btw pernah stay di Jogja tho mas Inung Gunarba?....agak baru tau malahan....ya beginilah jogja yang tetap istimewa...:)..kembali ke topik, sakit itu dari pikiran, maka obat sebenarnya hanya penunjang dan cenderung jadi semacam mitos...ndak minum obat A ndak sembuh dll...

    ReplyDelete
  2. lama tak kemari semoga sehat selalu.
    masuk angin membuat malas ngapa-ngapin jadinya
    lesu rasanya

    ReplyDelete
  3. Wah aku klo Perut Mules karena Masuk Angin gitu biasanya cuma minum Tolak Angin ae wes mari Kang hhe... maklum perut Ndeso hhe jadi yg murah meriah ae wes mari haha... Klo aku boleh Tai Imodium atau Colidium itu buat apa toh? aku baru pertama kali ini denger nama itu haha... *GUBRAK!!!!

    Hayah si Mbak yu...Malah ngapalin Iklan Obat hhe.... yo wes lah semangat selalu nggeh Kang :P

    ReplyDelete
  4. aku dataaaang!!!!!!

    hmmm.. soal obat ya?? jadi ingat masa sekolah dulu...wkwkwkwk

    aku ada cerita nih mas,, waktu itu ada seorang yang mempunyai penyakit komplikasi banyak, pokoknya semuanya jadi serba salah kalau mau diberi obat,,, diberi obat diabetes eh ada efek samping kepemenuhan glukosa darah, dikasih obat darah tinggi begitu juga.. sampe-sampe dokternya pada bingung dan akhinya nyerah...

    alhasil, bedasarkan ilmu yg dipelajari, kalau bahwasanya obat itu hanya sebagai perantara, karena yg paling penting itu adalah sugesti atau kepercayaan dari yang sakit kepada obat.

    akhirnya kasus di atas bisa diselesaikan hanya dengan memberi obat berkomposisi tepung jagung (hanya karbo) biar si sakit tidak lapar...

    Hmmm.. ajaib,, karena tuh si sakit percaya bener akan khasiat obat yg diminumnya.. akhirnya penyakit komplikasi banyaknya sembuh....

    ReplyDelete
  5. hmmm..bener mas inung..jngn langsung minum obat..hehehe..nikmati dulu kerja dari antibodi kita..biar tetep kuat tanpa kimia..wew..hihi..

    semangaattt... :D

    ReplyDelete
  6. asswrwb, kebanyakan konsumsi obat2an kimia jg krg bagus deh... lbh baik mmg asupan mknan bergizi dan dibuat kerja insyaAllah sembuh...

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails