Friday, April 29, 2011

KISS blogging

















Keep It Simple n Short

Setelah mikir-mikir dan lihat-lihat, gaya nulis saya di blog cenderung puanjang. Apalagi, jika nengok file atau postingan lama.

Seperti artikel PIK-Cakung ini. Olala, satu artikel bisa menjalar kayak akar beringin. Bandingkan dengan postingan Cirebon dan Pijat Bayi mak Aisyah.


Selain itu, dulu saya kurang memahami bahwa bagi mata, tampilan di komputer berbeda dengan tulisan di kertas atau buku. Artinya, mata lebih cepat lelah merayapi tulisan di layar monitor.

Itu karena ada pancaran cahaya dari monitor yang langsung menerpa mata kita. Juga, posisi membaca yang tegak mengikuti layar membuat kelopak mata lebih jarang berkedip dan leher lebih lama dalam posisi tegak.

Oleh karena itu, sejak sekitar tahun lalu saya mulai beberapa langkah berbeda:

1. Memangkas pilihan kata yang kurang lugas. Tanpa banyak bunga-bunga ^^.

2. Alinea pendek. Seperti artikel ini, rata-rata satu alinea hanya 3-4 baris.

3. Bagaimana jika satu pembahasan mesti ditulis panjang? Dan lazimnya kita satukan dalam satu alinea. Oke, tidak usah dipendekkan tapi setiap 1-2 kalimat dipecah dalam satu alinea tersendiri.

4. Menggunakan subjudul. Sehingga ada jeda dan membantu pembaca memahami artikel lebih cepat.

5. Memaksimalkan editing pasca menulis. Selain mengecek kesalahan tanda baca, juga menyerapi perpotongan alinea serta menyelami alur dan logika.

Kadang karena keasyikan menulis, ada alur atau kalimat yang tidak nyambung dan malah bikin bias. Hapus saja.

Salam blogger :)

4 comments:

  1. aku datang...

    Assalamualaikum bapake kaka... Selamat pagi...

    hmmm,,, betul itu.. tapi ya gitu.. kadang aku masih terbawa suasana hati klo nulis.. jadi ya.. kepanjangan deh.. kayak kereta baba ranjang yang sering lewat di prabumulih ini...hahaha

    ReplyDelete
  2. asswrwb.... aku malah seringnya posting tulisan2 pendek, krn aku ga tau mau nulis apa lagi...^_^ hehehhe

    ReplyDelete
  3. ++ Ami: Aku juga sering bablas nulis panjang meski awalnya posting pendek. Jarinya kayak trance *kumatlebay* ^^

    ## Jeng Tiwi: Lha itu, aku pengennya pendek2 kayak postingan jeng Tiwi. Lagi latihan mengendalikan jari yang kalo ngetik kayak jaran-kepang :D

    ReplyDelete
  4. Saya sejak postingan kedua telah mengikrarkan mini posting yaitu postingan singkat karena saya nge-blog di tengah kesibukan yang padat. Salam sukses semua....

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails