Monday, November 8, 2010

Flu

Menengok situs prakiraan cuaca BMG, cuaca Jakarta sebelas duabelas dengan sudut-sudut Tanah Air lainnya. Udara lembab dan angin pun sukses membiakkan pening dan bersin-bersin tiga hari belakangan ini.

Biasanya, jika flu sudah mendera 2 hari dan tanpa kelihatan gejala membaik, di hari ketiga fisik saya sudah ambruk. Sakit kepala menghebat dan badan panas membebat hingga mesti ijin tidak bekerja.


Jika sekarang kondisi saya tidak memburuk, mungkin ada sisi kebetulan dan sedikit beruntung. Sehari sebelum tenggorokan terasa gatal, saya membeli vitamin C dosis tinggi. Jika sebelumnya membawa pulang Vitacimin atau Redoxon dari minimarket, kemarin saya memilih Enervon C.

Pengalaman saya, vitamin dosis tinggi membantu pemulihan lebih cepat ketika sakit. Atau ketika kita membutuhkan data tahan lebih tinggi. Misalnya ketika bersiap berkendara keluar kota yang memiliki karakter cuaca berbeda dengan daerah tempat tinggal.

Taruhlah seperti ketika berangkat ke Jambi bulan lalu atau mudik ke Jogja atau ke rumah mertua di Tanjung Enim, Sumatera Selatan.

Ketika meriang, udara dingin diluar atau dari lubang AC memang musuh bebuyutan. Untuk menepisnya, tutup kepala Eiger nangkring menghangatkan. Plus jika nanti beranjak petang, jaket hitam bakal menjadi selimut portabel. :)

Saya memang masih bersin-bersin tapi masih bisa berangkat kerja tanpa jepitan sakit kepala. Ibaratnya, berkat vitamin dan makan teratur, saya selangkah lebih dulu dibanding flu :)

Salam blogger!

17 comments:

  1. Flu penyakit umum yg fluktuatif, biasanya emang sel2 tubuh lgi membangun diri lebih baik, kayak Merapi lagi bikin tempat dan kubah baru....biasanya ya flu biar ngotot minum obat seribu kali sehari tetep aja flu, mulai pilek, pusing dll..tetep aja..

    ReplyDelete
  2. asswrwb...heheh, kl udah flu y minumm vit C, g perlu ak sebutin merknya lah ntar dikira iklan..hehe, minum madu plus obat tentu saja. disamping bnykin istirahat , jgn smbl ngeblog istirahatnya..lbh baik tidur..hehe

    ReplyDelete
  3. disamping minum vitamin, biasanya kalo pas lagi ngreges ada tambahan kerokan, nikmat padahal menurut dokter ndak baik tapi kok ya nagihi ya Kang.

    ReplyDelete
  4. Kalo soal flue emang bikin sebel ya mba,udah gitu kepala jd sakit dan badan terasa panas trus ujung2 nya demam..He...he...He...

    met mlm mba,trima ksh sdh meluangkan wkt untk mampir ke blog ku.Lam knl mba.Aq sekalian follow blog ini

    ReplyDelete
  5. Salam
    Semoga lekas sembuh!
    Dapet tips nih dari kawan..Emang betul kawan vitamin c dosis tinggi cepat bekerja saat tubuh dalam keadaan sangat payah. Teman saya sudah mempraktekkannya...

    Salam kawan

    ReplyDelete
  6. Vitamin C dan istirahat memang penting banget..^_^

    *Mas Inung iklan produk :D*

    ReplyDelete
  7. Wuaaah.. bisa sakit juga toh mas inung ini??? wkwkwkwkwkwk.... upsss soriiii...... ^_^

    Memang cuaca sekarang tidak mendukung sekali mas, apa lagi untuk orang lapangan kayak kita.. tapi tetap semangat, ya seperti kata mas inung, mesti selangkah lebih maju dari si penyakit.

    Kemarin, ami juga terasa tepar se tepar tepar nya, ketika diberi deadline menyelesaikan laporan 19 kegiatan dikali 9 desa hanya dalam waktu 5 hari (jadi dlm 5 hari, tidur cuma dari jam 2 sampai 5 pagi).. tp, ya gituu... vit C juga menjadi andalan ami, ga pernah abis dari stock obat yg namanya enervon-C, dan yg penting istirahat....

    Pesan Dokter... banyak2 istirahat ya mas..... dan aku suka topi eigernya..., sayang eiger ga jual produk jilbab...wkwkwkwk

    ReplyDelete
  8. minum vitamin dosis tinggi, sesuai aturan pakai ya, jangan berlebihan.
    semoga sudah baikan.

    ReplyDelete
  9. Betul kawans!
    Pulih dari flu emang dengan meningkatkan daya tahan: istirahat lebih dari biasanya, tidur tidak tll larut, minum air putih 2 liter, hindari minuman manis, makan sayur dan karbohidrat lebih banyak.

    Ketika kita mesti beraktivitas di luar ruangan ataupun dalam ruangan, lebih baik pake masker. Untuk di kantor, maskernya cukup dengan masker-medis yg biasa kita beli di apotek @Rp 1500-2000.

    Semoga semua sehat hari ini dan besok. Blogging wth smile :)

    ReplyDelete
  10. asswrwb...wadoww...flunya beneran udah mulai nular ke surabaya nih..huatching!

    ReplyDelete
  11. Waduh semoga cepet sembuh kang hhe... klo aku biasanya pas Flu bukan vitamin C yg aku minum taki tolak angin haha... gak tau knp biarpun itu obat masuk angin tapi klo aku lebih suka minum itu pas Flu hhe....

    Semangat2... wah berarti lagi ijin kerja donk nie hhe.. :P

    ReplyDelete
  12. hahahaha mas inung salam balik buat palmerah.
    saya sudah 1.5 tahun tidak menginjakan kaki d sana. Aka blum plang kampung. hahah

    wah saya setuju soal vit C, keb saya sedang terkena flu, Tidak tw apa karena efek debu atau memang daya tahan tubuh menurun setelah UTS yang membuat saya tidak tidur 3 hari.

    Tapi saya membeli VIT.C IPI, mgkin dosisnya kurang ya. saya akan mencoba enervon c, atau C1000.

    ReplyDelete
  13. salam kenal,,,
    seinrg istrahat saja,,,

    ReplyDelete
  14. hayo, jaga kesehatan pak... :)

    ReplyDelete
  15. Biasanya kalau flue saya banyakin tidur UM flunya cepet sembuh...!!!

    ReplyDelete
  16. sesuai dengan pengaLaman saya beberapa hari kemarin, saat si emfLu mau dateng. Langsung tak cegah pake vitamin C pLus makan teratur dan minum air putih yang cukup, Langsung babLas seger Lagi.

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails