Tuesday, May 21, 2019

Bogor Jalan-jalan (5), Jajal KA Pangrango ke Sukabumi


Setelah kemarin-kemarin kluyuran ke Bogor, kini sudah waktunya buat bikin planning main rada jauh ke kota tetangga, Sukabumi. Ide ini muncul ketika melihat spanduk informasi jadwal KA Pangango tambahan.

Kereta ini punya trayek Bogor (stasiun Paledang) -Sukabumi pergi pulang. Dan, dalam satu hari ada 3 kali bolak-balik. Harga tiket KA Pangrango kelas eksekutif Rp 80.000 dan ekonomi AC Rp 35.000 per akhir 2018 kemarin.

Spanduk bikinan KAI itu juga informatif banget buat pejalan kayak kita-kita. Dibikinlah tuh tabel jadwal jam berangkat dan jam datang.

Tabel itu sekaligus mempermudah buat bikin rencana jalan-jalan dan memperhitungkan waktu tempuh dan juga berapa jam kita bisa menikmati Kota Sukabumi sebelum tiba saatnya kembali ke stasiun.



Merujuk tabel itu, saya melihat waktu ideal untuk berangkat dari Bogor adalah ambil kereta jam 09.30 dan tiba di stasiun Sukabumi jam 11.42 alias 12 kurang dikit. Lalu pulangnya naik kereta jam 17.30 dan tiba di stasiun Bogor 19.36 atau setengah delapan malam. Jam segini terbilang tidak kemalaman.

Nah dengan demikian, ada jatah waktu sekira 5 jam buat pelesiran. Perhitungannya dari tiba di Sukabumi jam 12an dan kudu naik kereta pulang jam 17.30. Kalau mau aman, ya sudah tiba di stasiun Sukabumi jam 5 sore.

Lantas, ke mana saja jelajah di kota sesejuk Sukabumi? Opsinya ialah:
1. kulineran dekat stasiun.
2. Salat dhuhur dan ashar di masjid agung atau masjid ikonik lainnya, ini sekalian wisata religi :)
3. Maen ke obyek wisata yang gak jauh dari kota dan kalau bisa ada transport yang mudah dari stasiun. Untuk yang ini, keknya sudah dimudahkan ama ojek online Gojel dan Grab.

Dengan estimasi tiba di stasiun tujuan jam 12an, pas banget buat salat dhuhur di Masjid Agung Kota Sukabumi yang jaraknya hanya 10 menit jalan kaki dari stasiun. Dari situ bisa mampir sebentar ke Alun-alun lapangan Merdeka lanjut makan.

Rekomendasi kuliner dekat Stasiun Sukabumi
1. Rumah makan Cikole
2. Mang Kabayan
3. Butler bar n bistro
4. Mochi kaswari lampion
5. Bunut Siliwangi
6. Wisata kuliner Toserba Selamat
7. Bubur ayam Odeon
8. Mamih Ungu
Dll dsb

Kota Sukabumi sendiri merupakan daerah dataran tinggi yang hawanya adem. Kotanya lumayan ramai dan masyarakatnya ramah dan hangat. Hawa sejuk sepertinya berasal dari dua gunung yakni Pangrango dan Salak.

Dua gunung inilah yang memanjakan mata sepanjang perjalanan kereta. Hamparan persawahan, aliran sungai, lembah dan kebun sangat asri khas Tanah Pasundan Jawa Barat.

Selamat jalan-jalan, selamat menikmati perjalanan diapit dua gunung dengan KA Pangrango Bogor - Sukabumi :)

1 comment: