Monday, March 13, 2017

Menjajal truk bongsor di lipatan Papua


Ketika jalan-jalan sejenak ke kawasan tambang emas dan tembaga Freeport, Papua beberapa waktu lalu, salah satu perhatian saya segera tertuju pada sosok bongsor truk kepala kuning- berbadan oranye ini.
Inilah Western Star truck, sepertinya tipe 4800 atau 4900. 

Produsen kendaraan ini memiliki spesialisasi memproduksi  angkutan berat untuk industri tambang, perkebunan, hutan dan bisnis lain yang bermedan ekstrim.

Rasa penasaran saya karena moda ini baru melihat pertama kali dan tentu jauh berbeda dengan kendaraaan angkut lain di Indonesia pada umumnya. Terutama sekali lantaran menggunakan hidung yang didalamnya tertanam mesin bertenaga sangar.


Kalau anak saya, menyebut mainan truk yang memiliki hidung semacam ini dengan nama "truk Amerika".
Di Freeport, truk ini digunakan sebagai alat transportasi para pekerja dan tamu.

Ketika melongok ke kabin pengemudi, saya surprise dengan jenis transmisi yang dipakai: matic bro!


Penjelajah dataran tinggi dengan kontur jalan tanah, kerikil, dan lumpur hujan ini ternyata menjejalkan transmisi matic. Seperti jepretan saya, tombolnya adalah N, P, D dan R.

Ssttt... di beberapa unit, kaca jendelanya dilapis dengan plat besi setebal sekitar 1 cm. Staf yang mendampingi kami mengangguk ketika saya bertanya apakah hal ini karena pertimbangan keamanan :)


No comments:

Post a Comment