Friday, June 25, 2010

Gresnews, Favoritku Telusuri Berita

Untuk pencarian berita dengan tema tertentu, kita bisa memanfaatkan situs gresnews.com.
Situs ini bekerja dengan menelusuri beberapa website media massa berdasar kata kunci yang kita masukkan di box "cari" atau "search").


Hasil pencariannya berupa judul berita komplit dengan kutipan, biasanya bagian lead dan sumber/link website media ybs. Kita bisa melihat seluruh artikel dengan dengan klik pada "Full Story: harianXXX.com". Lebih jauh, soal hal ini lihat di sini. 
Fiturnya lengkap dengan kutipan narasumber yang ada di berita tersebut dan artikel berita yang terkait. Juga ada yang menarik lagi yaitu fitur pro kontra dan kutipan alias quote. Pada kutipan kita bisa membandingkan komentarnya siapa dan ngomong apa. Gresnews menyebut ini hasil kinerja dari unitnya, Gresnews Labs.

Embrio situs ini sejatinya dari BubuNews. Untuk menghindari kebingungan pengguna dengan nama Bubu yang sudah ada, maka sejak versi beta 0.2 diluncurkan pada tanggal 19 Maret 2010, namanya diubah menjadi Gresnews.
Menariknya, selain informasi standar seperti nama pihak yang diberitakan, lokasi dan waktu terkait, Gresnews juga meneliti beberapa jenis informasi penting dan menarik lainnya, seperti:
  • sentimen (seperti: setuju, tidak-setuju, suka, tidak-suka, komplain, pujian, dll)
  • named entity (seperti: nama orang, gelar, organisasi, lokasi, waktu)
  • terminologi atau istilah (misal: istilah kedokteran, hukum, politik, ekonomi, dll)
  • berbagai relasi (misal sebab-akibat) dan keterlibatan para aktor dalam sebuah topik berita atau peristiwa
  • berbagai informasi statistik
Lihat profil dan fitur gresnews di sini .

1 comment:

  1. wah asyik nih, saya sebagai penikmat berita akan sangat terbantu, thank ya sharenya

    ReplyDelete