Tuesday, May 14, 2019

Spider Plant. Pemasok Oksigen, Antiribet, Rumah Auto Ganteng

Spider plant

Satu lagi penghuni baru rumah Bogor, tanaman hias spider plant. Saya beruntung akhirnya memiliki koleksi ini karena tanaman ini mampu menyerap polutan di dalam ruangan rumah, memasok oksigen, perawatan mudah alias tidak ribet dan tentu saja bikin interior lebih asri, segar dan ganteng :)

7 Tanaman Gantung Pilihan: Berbunga Banyak, Budidaya Cepat, Perawatan Mudah

Adalah tetangga sebelah yang kemarin  memberi 3-4 tanaman bernama latin Chlorophytum comosum ini. Kebetulan kami sederetan yang memiliki hobi "nggak bisa lihat lahan nganggur".

Spider plants saya taruh ke pot-pot kecil. Media tanamnya campuran tanah, kompos dan sekam kering atau sekam mentah. Ada yang ditaruh di teras dan lainnya di rak pajang di ruang tamu.

Manfaat tanaman bercorak daun kombinasi putih dan hijau ini ialah sanggup menyerap beberapa jenis polutan yang lazim ada di rumah. Formaldehyde, xylene,  karbonmonoksida, nitrogen dioksida dan toksik pencemar udara lainnya.

Zat-zat yang bisa menjadi sumber kontaminasi udara itu datang dari produk-produk perawatan rumah tangga kita lho.

Formaldehyde misalnya, dilepaskan oleh furnitur, perabotan, karpet, tirai dan kayu olahan yang dipakai dalam pembuatan meja belajar, kursi makan,  rak buku serta lemari baju dll. Malah, pewangi ruangan juga menghasilkan toksik ini.

Sirih gading 

Adapun karbon alias CO2 banyak digelontorkan oleh kendaraan bermotor kita dan kompor. Maka spider plants cocok banget ditaruh dari depan hingga belakang rumah.

Taruh dan komposisikan tanaman ini di garasi, teras, ruang tamu, ruang nonton tv, dapur, ruang belajar dan kamar tidur. Ruangan-ruangan itu banyak terdapat perabotan yang bisa menjadi sumber polutan.

Kita memang tidak bisa menghindarkan diri dari konsumsi sabun, deterjen, alat masak dan furnitur. Untuk itu, pemanfaatan tanaman dalam ruangan menjadi ikhtiar kita untuk meminimalisir dampak produk-produk itu.

Saya sendiri memadu padan beberapa tanaman hias penyerap polutan dan pemasok oksigen. Sebelum ada spider plant, sudah ada barisam sirih gading, lidah mertua, dan peace lily.

Salam berkebun dari Bogor :)

1 comment: