Tuesday, January 31, 2023

Begini cara saya belajar ukelele!


Konon, bermain musik bermanfaat untuk penyegaran dan relaksasi. Lahir dan bathin ciyeee.

Yes, beneran itu yang saya rasakan ketika mulai Juni 2022 lalu mulai berlatih bermain alat musik: ukelele.

Saya belajar ukelele dengan bekal musikalitas nol besar.


Seumur-umur ya baru kali itu pegang ukelele dan beneran niat bisa memainkannya. Sebelumnya saya pernah beberapa kali mulai berlatih gitar tapi banyak kendala (sebagian di antaranya ya lebih tepatnya "mencari-cari alasan"). Misalnya, saya merasa kesulitan dengan body gitar yang relatif besar. Halah alasan model apa ini hahaha

Setelah ditimbang-timbang dan dicocok-cocokkan dengan hobi jalan-jalan dan travelling, pilihan jatuh ke ukelele. 

Di bulan itu, saya membayangkan, jika kelak bisa main ukelele maka begitu praktisnya membawa ukelele yang mungil di tas saat naik kereta commuter line Bogor-Jakarta, saat bermotor dan ditaruh di bagasi belakang mobil.

Dan sebagai catatan proses saya belajar ukelele, saya torehkan di artikel ini:

1. Langkah pertama: beli ukelele di e-commerce di Tokopedia (Shopee, Bukalapak dll juga bisa). Saya sengaja beli yang harganya di bawah Rp100.000. Tepatnya Rp89.000 :).

2. Belajar mandiri melalui Youtube.

3. Video tutorial ukelele yang saya ikutin adalah: punyanya Mbak Ingrid Tamara, lagu gampang banget untuk pemula "Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki" dari Sheila on 7.

- lagu ini mudah sekali karena hanya perlu 2 kunci: C dan F. Genjrengan atau strummingnya Up Up Up Down alias UUUD. In My Humble Opinion, saya tempatkan lagu ini sebagai rekomendasi nomor 1 untuk belajar ukelele. :)

4. Oya, sebagai pemula, apakah saya belajar dengan langsung mainin lagu di atas? Tidak. Saya berlatih nggenjreng kunci C dan F dulu. Lamanya 3 -4 hari. tiap hari berlatih 1- 1,5 jam. Tidak lebih supaya tidak bosan.

5. Di hari ke-5, baru deh mulai mainin ukelele dengan lagu So7 dengan berbasis video Mbak Ingrid itu.

6. Kunci berikutnya adalah G, A minor, A, D minor, E minor, D.

- Belajar kunci-kunci tersebut melalui video tutorial chord ukelele. Tinggal pilih yang sederhana.

7. Catatan untuk belajar chord: 
- belajar pelan-pelan, satu demi satu kunci, lancarkan di satu kunci, kemudian berlanjut ke kunci lainnya.
- Jangan khawatir jika "bunyi"nya genjrengan kita belum berasa atau berasa gimana gitu, tenang saja. Latihan saja terus, nanti akan membaik seiring ketelatenan kita
- Jika masih kaku dan sering lupa, don't worry, latihan saja terus. Tidak perlu terbebani dengan merasa harus mengingat-ingat. Percayakan pada mekanisme alamiah tubuh yakni "muscle memory"
- Pengalaman dengan "muscle memory", misalnya, ketika saya belajar kunci G selama 4 hari. Awalnya kaku banget, eh saat pagi di hari ke-5, jari saya seperti bergerak dan mencari posisi yang pas. Demikianlah muscle memory bekerja. Jadi, kunciannya tetaplah percaya pada proses dan rajin berlatih.

8. Di video tutorial, banyak yang membuat tutorial genjrengan. 
Saran saya:
- ikutin saja tutorial yang menurut Anda sreg dan mudah. 
- sepengalaman saya (meminjam dari seorang Youtuber yang saya lupa namanya) sebenarnya tidak ada genjrengan yang salah. SEMUANYA BENAR. Jadi jika sedang mengeksplorasi kunci baru dan lagu baru, saya sarankan genjrengannya yang Up Down Up Down Up Down atau UD UD UD UD ... 
- Setelah dapat feelnya, barulah mulai model genjrengan lainnya.

---



Berikut ini video tutorial tempat saya belajar ukelele, mungkin bisa membantu teman-teman:

1. "Anugerah Terindah yang Pernah Kumuliki", So7, Mbak Ingrid Tamara : Kunci C dan F

2. "Yang Terdalam" Peterpan, Mas Krisna Gauthama, Kunci D, F, G

3. Belajar dasar mudah banget, sekalian mulai pengenalan kunci dasar C dan F, lagu "Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki" milik So7 (menit ke 4:18) plus tambahan kunci G dengan lagu anak-anak "Lihat Kebunku" dan "Topi Saya Bundar"

4. "Melukis Senja" dari Budi Doremi, videonya Mas Krisna Gauthama. Kunci dasar C, G, A, Em dll. Saya suka lagu ini karena strumming atau genjrengannya hanya ke bawah :)

Itu link-link video tutorial untuk belajar dasar ukelele. Lainnya masih banyak, tinggal dieksplore saja.

+++

Channel Youtube belajar ukelele

Sejauh ini, saya banyak belajar dari 2 channel ini:

1. @KRISNAGAUTHAMA
2. @indonesiaukulele (Salah satu videonya tutorial mudah yang ini)


+++

Juga sekalian saya titipkan web penyedia chord ukelele (dan juga gitar) yang sering saya kunjungi karena kord -nya simple, mudah diikuti dan koleksi lagunya cukup lengkap.

1. ukuio.com 

3. sigufi.com (ada koleksi akord lagu-lagu dan kanal tutorial)

4. ukutabs.com


5. Juga video-video chord ukelele di Youtube


++


Plus, web penyedia chord gitar : chordtela.com

Anyway, terima kasih banyak untuk YouTuber dan content creator tutorial ukelele, banyak ilmu yang saya serap. Semoga jadi berkah. Aamiin.


Salam musik! :)

No comments:

Post a Comment