Monday, September 6, 2010

Perjalanan kepenulisan Eka Kurniawan

Hari ini saya 'wah' alias work at home menggarap konten yppti.org. Usai itu lantas membaca Kompas dan mengunduh artikel soal otonomi Provinsi Jawa Tengah yang berseri hingga lima tulisan.

Sambil menguping tayangan liputan mudik di Metro dan TvOne dan beberapa kali menyimak berita arus kendaraan di Cikampek atau pelabuhan Makassar, saya jalan-jalan ke blog kawan yang sudah lama tidak saya tongkrongi.


Memori segera lari ke cerpenis dan novelis Eka Kurniawan. Ia satu angkatan di atas saya di UGM, saya kuliah di Sospol, sedangkan Eka di Filsafat. Adalah persma/ pers mahasiswa yang membuat saya mengenalnya.

Ia di Balairung, saya memilih Bulaksumur. Kedua media kampus ini kebetulan satu atap, satu rumah, halaman, dapur bahkan kamar mandi.

Ketika yang lain mengenal Eka sebagai pegiat persma, kebetulan saja saya lebih mengenalnya selaku penyuka sastra. Mungkin karena saya mendengar atau tepatnya membaca namanya di bawah judul cerpen, kalau tidak salah "Kandang Babi". Cerpen ini diterbitkan oleh Balairung dalam buku kumpulan cerpen sekitar akhir tahun 1999 atau 2000an awal.

Begitulah, sore ini pula saya klik blog Eka yang saya pampang di blogroll. Postingan terakhirnya menjadi menu menunggu buka puasa.

Di situ Eka bertutur ringkas tentang perjalanan kepenulisannya. Dari ketertarikan, motivasi dan buku atau novel favoritnya yang sedikit banyak mempengaruhinya. Salah satunya novel Knut Hamsun, 'Lapar'. Itu, sebut Eka, novel tentang perjuangan seorang penulis muda.

Dalam postingan ini pula, penulis yang kini bermukim di Jakarta ini juga berkisah proses penerbitan buku kumpulan cerpennya, "Corat-coret di Toilet". Oya, dua novel yang telah terbit yaitu "Cantik itu Luka" dan "Lelaki Harimau."

Dari cerita Eka ini, saya pribadi belajar soal proses seorang penulis dalam berkeyakinan memilih karir, bergulat dengan persoalan sehari-hari (meski Eka menceritakannya sekilas), dan persepsinya soal cerpen dan dunia kepenulisan.

Menjelang tutup alinea, ia menulis, "... mungkin apa yang saya pikir tentang cerita pendek sudah jauh berubah (dan pasti akan terus berkembang). Masih banyak yang ingin saya tulis dan terbitkan. Tapi satu hal saya pikir masih: dalam menulis, saya masih terus mencari, masih mencoba menaklukkan sesuatu yang saya sendiri tak bisa mengatakannya apa."

Oya, bagi penikmat karya Pramudya Ananta Toer, silakan simak analisis Eka Kurniawan tentang karya-karya salah satu penulis favoritnya, "Pramoedya Ananta Toer dan Sastra Realisme Sosialis". Buku ini diterbitkan dari skripsi Eka.

Soal proses menulis skripsi, ia juga berbagi  dalam postingan "Proses Menulis Skripsi" .

Salam blogger, 'met berbuka puasa sahabat :)

13 comments:

  1. wah ada aktivis persma, salam, aku dari LPM Manunggal Undip
    smoga kita bisa menjadi penulis yang baik dan hebat :)

    ReplyDelete
  2. kita sedot baiknya, kita buang boroknya. Q baru bljr nulis nih...

    ReplyDelete
  3. Ikut mengambil pelajarannya :)

    Selamat Idul Fitri ya mas, mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita menjadi pribadi yang jauh lebih baik daripada sebelumnya..Amin..

    ReplyDelete
  4. kalau begini ini dibilang sibuk ya tidak, dibilang tidak ya sibuk..hehe

    ReplyDelete
  5. minal aidhin walfaidzin, mohon maaf lahir bathin...

    duh mas, kayaknya aku juga dah ga konsisten ngeblog... hehe

    ReplyDelete
  6. wah...gigihnya, seorang penulis eka kurniawan...:)

    mas, dalam kesempatan ini, saya ingin mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1431 H, mohon maaf lahir dan batin ya mas...barangkali ada kata2ku yang kurang berkenan di hati mas inung...sekali lagi, mohon maaf..
    salam hangat untuk keluarga juga...terima kasih...:)

    ReplyDelete
  7. wah belum pernah ni liat tulisannya :D

    eh ya met idul fitri ya

    ReplyDelete
  8. sugeng ndalu mas.

    Mo ngucapin, minal aidzin wal faidzin, bila ada salah kata or sikap, mohon maaf lahir bathin mas.


    salam ~ widi

    ReplyDelete
  9. Selamat Idul Fitri ya, mohon maaf lahir batin

    ReplyDelete
  10. Asswrwb..selamat LEBARAN!....mhn maaf bila salah tulis selama berinteraksi...salam dr suroboyo...matur nuwun..

    ReplyDelete
  11. Minalaidzi walfaidizn salam kenal www.michaellynche.org

    ReplyDelete
  12. berkunjung ke halaman samping salam kenal ya...

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails