Thursday, June 12, 2014

Back Up Now!

Yang terlewat ketika hari-hari kita lewatkan melalui perangkat telekomunikasi semacam HP dan smartphone lainnya adalah tidak mem-back-up data di perangkat tersebut.

Padahal, hanya butuh langkah mudah dan waktu yang 5 menit 10 menit. 'Tidak Mem-back-up' artinya bisa macem-macem: enggan, males, gak kepikiran dan masa bodoh.

Nah, baru nyadar kalau hal itu puenting banget adalah ketika kena masalah. HP ilang, smartphone rusak, gadget blank dan semua data ilang. Ya data kerjaan, file-file dan yang paling sering kita dengar adalah "BB gue mati total, semua nomer-nomer kontak ilang semua...!"

Nah looo... makanya sempatkan mencopy data yang ada di gadget. Alat yang kita butuhin lazimnya sudah ada di paket pembelian: kabel data.

Hubungkan ke komputer atau laptop, ikutin perintah yang ada. Atau, kalau bingung, browsing dulu, kali-kali beda perangkat beda prosedur.

Sebelum melongo dan menyesal, ngamuk-ngamuk atau jari pegal ngubungin teman-teman kita buat nanya nomer kontak, ya sempetin 5 menit 10 menit tadi.

Kalau mau lebih safe, file back-up tadi dikirim ke email kita sendiri. Analoginya, kayak kita naruh barang di loker yang kuncinya kita pegang sendiri.

Just do it, no regret later :)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails