Saturday, June 7, 2014

Artikel Bagus dari Kompas.com : "Obat" Aneh Tapi Manjur

Browsing sambil minum kopi di teras rumah, saya nemu artikel ini.

Ditulis Kompas.com yang disadur dari Good Health, artikel kesehatan ini menurut saya sangat menarik.Tentang beberapa trik dan tips meredakan (yang bisa juga menyembuhkan) gangguan fisik.

Lucunya, tidak melibatkan campur tangan obat kimia. Salah satunya adalah menempelkan jari dan menggerak-gerakkan daun telinga jika kita terkena gejala flu.

Oiya, sedikit soal artikel copas seperti yang saya lakukan ini, buat saya sih fine-fine saja. Saya sendiri males bookmark karena belum tentu akses ke link aslinya lancar, atau malah kadang artikelnya sudah lenyap.

Makanya saya taruh sekalian di blog. Tentu saja, sumber dan link saya sematkan.

Enjoy weekend! Santai dan tetap keren :))

http://m.kompas.com/health/read/2014/06/07/1156540/.Obat.Aneh.Tapi

"Obat" Aneh Tapi Manjur
Sabtu, 7 Juni 2014 | 11:56 WIB

KOMPAS.com - Ternyata cabai dan paprika adalah obat manjur untuk gangguan pencernaan dan mandi air dingin bikin kita lebih bahagia. Terdengar aneh memang. Tetapi ada bukti-bukti penelitian yang mendukung kemanjuran obat-obat aneh itu.

Cabai Obat Pencernaan
Hal yang kita ketahui, cabai justru bikin sakit perut. Tetapi peneliti dari Italia membuktikan sebaliknya. Mereka memberi 30 orang yang sakit pencernaan pil cabai sebelum makan. Ternyata mereka mengalami pengurangan gejala hingga 60 persen. Kandungan bernama capsaicin di dalam cabai ternyata menghalangi produksi neurotransmitter bernama substance P yang mengirim sinyal nyeri dari saraf ke otak.

Air Dingin Bikin Bahagia
Percobaan di Virginia Commonwealth University School of Medicine di AS mengumpulkan penderita depresi ringan. Mereka disuruh mandi air dingin sekali atau dua kali sehari. Ternyata mandi air dingin bisa membuat suasana hati jadi lebih baik.

Menurut Dr. Nikolai Shevcuk yang melakukan percobaan itu, mandi air dingin menaikkan endorfin, zat yang bikin kita bahagia. "Karena kepadatan tinggi penerima rasa dingin di kulit, mandi air dingin mengirim banyak impul saraf listrik dari saraf tepi ke otak yang memberi dampak antidepresi," katanya.

Mengepalkan Tangan Bantu Minum Obat
Buat sebagian orang, minum obat bukan perkara mudah. Agar sukses minum obat, fokuskan pikiran pada manfaat yang didapat dari obat. Kepalkan tangan dulu, kemudian telan obat. Dengan begitu, minum obat pasti lebih sukses. Begitu kata para peneliti dari National University of Singapore.

Tempelkan Jari di Telinga Sembuhkan Batuk
Tenggorokan gatal dan batuk di tengah rapat penting atau saat konser musik klasik pasti sangat mengganggu. Sentuhkan jari di telinga dan goyang-goyangkan daun telinga.
"Saraf di tenggorokan memilikio cabang yang disebut saraf Alderman. Saraf itu juga menuju telinga," kata Andrew McCombe, dokter ahli THT dari Australia.
Itu sebabnya mengapa kadang saat kita sakit tenggorokan atau bermasalah dengan gigi kadang juga mengalami sakit telinga.

Gel Pembersih Tangan Hilangkan Bau Kaki
Andrew Schox, presiden Australasian Podiatry council mengatakan alkohol yang ada di obat kumur bisa membantu menghilangkan bau kaki. "Alkohol dalam bentuk gel pembersih tangan bisa menghilangkan bau kaki, khususnya ketika kita kena penyakit yang terinfeksi bakteri corynebakteria. Penyakit ini sangat bau tetapi gel pembersih tangan bisa membantu menghilangkan bau kaki itu," katanya.

Penulis: Kontributor Health, Dhorothea
Editor: Lusia Kus Anna
Sumber: Good Health

Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails