Thursday, January 17, 2019

Sayur sop. Sebuah prestasi. Milestone.

Minggu ini saya utak-atik di dapur rumah mBogor. Ceritanya lagi demen masak sayur sop. Bagi saya, bisa nyayur sop merupakan prestasi tersendiri. Bahkan sebuah milestone #uhuk

Resep sop saya padu padankan dari bisikan istri. Juga dari beberapa postingan di cookpad. Ini website atau portal resep-resepan yang paling rekomendet lah sejagad raya, bahkan nembus antar galaksi. Alien saja ikutan nyimak (untung ga ikutan nge-share resep juga :D )

Bagaimana bukan menjadi prestasi karena selama ini saya penasaran. Sekaligus kurang percaya diri dengan sop. Saya minder karena terintimidasi oleh harumnya sayur sop bikinan istri. Yang membuat tebersit: aduh, ga bakal bisa deh bikin sop seenak ini hihihi (semoga bundanya Kaka nggak baca postingan ini) :D

Jadilah akhir pekan kemarin saya nekat nyayur sop. Ini setelah disemangati oleh istri: bahan-bahannya kan mudah, ga perlu diapalin karena kalau ke warung sayur, kita tinggal bilang ngucapin kata-kata ajaib yaitu beli sop-sopan Rp5000. Beris saking beresnya hehehe

Bongkar di meja dapur. Prinsipnya mulai dengan menumis bawang putih dan bombai. Tuangkan air sampai mendidih.

Lanjut masukkan potongan sayur yang paling "keras" dulu. Seperti wortel dan kentang, rebus sampai rada lunak kira-kira 10 menitan.

Masukkan pula kembang kol, kubis.Coba cek rasa. Lalu cemplungin daun bawang, seledri dan terakhir adalah potongan tomat. Boleh juga kalau suka brokoli.

Bumbunya, saya pakai bumbu racik dari Indofood, Sayur Sop. Untuk porsi berdua-bertiga, ya pakai semua atau sisain dikit. Aduk-aduk dan icip.

Jika masih kurang asin, boleh tambahkan garam tapi dikiiittttt saja. Mending kurang asing daripada keasinan. Kalau kurang asin, masih bisa ditambahkan garam meja setelah matang. Nah kalau keasinan bakal lebih repot karena mesti tambah air yang bisa merusak takaran sayur #halahhhh

Oya saya sudah beberapa kali nyayur sop setelah percobaan yang pertama. Semua sakses semua hehehe (klaim sepihak sih). Berikutnya, saya ingin nyoba lauknya pakai tahu dan tempe goreng garing karena selama ini pakai telur ceplok dan dadar mulu.

Salam nyayur, Indonesia :)

psstttt... foto menyusul.

3 comments:

  1. Hmmm, ini kaya lagi ngiklan bumbu racik Indofood dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena Sajiku dan Boemboe yang resep sop ga dijual di warung sebelah rumah hehehe

      Delete
  2. bumbu instan memudahakan.. tapi gapapa atau kenapa2 ga si kalo pake instan?

    ReplyDelete