Monday, January 27, 2014

Nyesek...

Saya lagi nyesek. Rasanya kayak patah hati, hati remuk, perut ikutan mules.

Minggu lalu, nggak sengaja saya men-delete folder fotonya Kaka, shift+del. Ribuan foto ada disitu, terkumpul dalam puluhan subfolder yang saya bagi-bagi perbulan. sejak Desember 2010 hingga 2013.

Salah saya juga, melamun ketika merapikan file. Lantas berusaha mengembalikan file yang terhapus pake software gratisan hasil ndownload dari internet.

Salahnya lagi, saya memilih partisi hardisk yang sama untuk hasil recoveri-nya. File-file foto di partisi D, saya memilih partisi itu juga untuk hasil recoverinya.

Seharusnya pakai partisi lainnya atau lebih aman kalau pakai hardisk exernal. Di tengah proses recoveri, saya klik 'cancel' karena mau pulang kantor.

Malamnya di rumah, saya cek lagi. Ya ampun. Hanya sebagian file yang kembali. Sisanya hanya menampilkan thumbnail thok. Nggak ada wujud fotonya.


Saya ternganga, tiap hari foto-foto itu saya kumpulkan dengan njepret Kaka. Bayangkan sejak dia masish berumur itungan hari, bulan hingga dua tahunan. Ribuan foto plus video.

Saya sedih iya. Tertegun. Ada perasaan ngenes. Maunya saya, kelak foto-foto itu akan saya tunjukkan ke Kaka. Ini lho ketika kamu kecil, Ayah mandiin, Bunda timang-timang, jalan-jalan pagi, ke taman, ke mall, ke Jogja, ke Tanjung Enim. ah...

Saya juga sudah minta tolong dua penyedia jasa recoveri sudah saya lakukan, dua-duanya menyerah.

Ya sudahlah... toh sebagian kecil foto-foto masih selamat. Saya juga pernah sempat meng-upload foto-foto kami di facebook dan blog, juga kirim ke email. Tinggal saya telaten menelusuri satu-satu.

Maafkan Ayah, Nak :)

No comments:

Post a Comment