Thursday, January 2, 2014

Baca Buku Lagi



TERUS terang, sudah lama saya nggak baca buku. Ini sejatinya aib :) karena pekerjaan sehari-hari saya adalah menulis berita.

Kata orang bijak, untuk menulis yang baik, kita sebaiknya membekali diri dengan membaca.

Selain alasan teringat petuah itu, kali ini membaca buku bagi saya juga sekaligus untuk relaksasi. Juga untuk mendapat perspektif baru.

Jelasnya gini, saya nggak pengen jadi katak dalam tempurung karena sudah terlalu lama saya hanya membaca tulisan sendiri, laporan dari teman maupun tulisan artikel di media massa.

Jika ada yang bilang, buku menawarkan informasi dan pengetahuan yang komplit tentang sebuah hal, saya sepakat.

Sepanjang apapun artikel di majalah, halaman tengah koran, maupun website serta blog, buku punya kelebihan paparan yang lebih menyeluruh.

Kali ini, saya memilih buku Anak-Anak Revolusi-nya Budiman Sudjatmiko terbitan Gramedia. Saya menjumputnya di gerai Gramedia CitraLand, Jakarta.

Tidak ada alasan khusus ketika memilih buku ini. Kebetulan saja nama penulisnya memang tidak asing. Budiman, atau di buku itu disebutkan nama panggilan masa kecil, Iko, adalah anggota DPR.

Dia juga mantan aktivis. Latar belakang, kegiatan dan pikiran-pikirannya bertebaran di google.

Kalau menengok ke belakang, Budiman juga pernah menjadi narasumber ketika saya masih aktif bergiat di pers mahasiswa Bulaksumur, UGM. Kala itu, tahun 1998-1999, saya mewawancara dia di LP Cipinang.

Di luar soal bagaimana saya mengenal Budiman, saya membaca bukunya ya sekali lagi untuk relaksasi dan mendapat perspektif segar. Termasuk menyerap diksi atau pilihan kata-katanya.

Salam :)

@inung_gnb

No comments:

Post a Comment