Thursday, August 7, 2014

Pramoedya dan Pramudya


Pram, sapaan akrab untuk Pramoedya Ananta Toer, merupakan salah satu sastrawan yang saya kagumi.

Saya suka gaya bertutur dalam karya-karyanya. Terutama tetralogi Bumi Manusia yang saya tuntaskan lewat meminjam dari perpustakaan B21 UGM tahun 1999 silam.

Atau juga kumpulan cerpen-cerpennya dan novel-novelnya.Seperti, Gadis Pantai, Cerita dari Digul dan Cerita dari Blora dkk dll. Lainnya? terhitung masih banyak yang belum saya baca, jadi ngerasa punya 'hutang bacaan' nih :)

Takjub juga saya dengan riset-risetnya ketika menyusun cerita tanpa membuat buah karya menjadi kaku. Tetap mengalir.

Nama depan begawan sastra ini pun kami -saya dan istri- jadikan nama tengah si Kaka, lengkapnya: Rakha Pramudya Gunarba. :)


Nama itu sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang bermakna bijaksana, hikmat dan cerdas. Sedangkan Rakha berarti makmur dan hidupnya menyenangkan. *amien.

Kami berdua memang penyuka dan pengagum karya-karya almarhum Pram.

Belakangan juga, saya nemu akun twitter @PramoedyaQuotes. Sesuai namanya, akun itu mencericitkan kutipan-kutipan pengarang kelahiran Blora, Jawa Tengah, sama dengan tempat kelahiran almarhumah ibu saya :)

Salam dari Palmerah
@inung_gnb

Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment