Friday, August 1, 2014

LebaRUN & MudikRUN :)

Lanskap site tambang batubara PT Bukit Asam.
Welcome!!! :)
Minta difotoin ke mas-mas yang nongkrong :p
Yang ini selfie ...
Jembatan lama Sungai Enim.
Adidas AX Trail was here *halah :))
Jalur (sok) ngetrail ke site tambang.
Trek menurun dekat Kantor Pusat PTBA
Trek di sekitar Taman PTBA, arah base camp.
6,2 kilometer :)

Gara-gara "provokasi" dari temen-temen Grup FB Indorunners, mudik tahun ini juga saya sempatkan untuk berlari.

Tagarnya lebaRUN dan mudikRUN, melengkapi tagar sebelumnya, libuRUN :)

Jatah mudik 10 hari ini saya habiskan di kampung halaman istri saya, Tanjung Enim, kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Kota ini berjarak 200km ke arah barat laut dari Palembang.

Tanjung Enim merupakan kawasan tambang batubara. Bahkan terbilang salah satu penghasil terbesar emas hitam di Indonesia, selain Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Beberapa perusahaan beroperasi disini, baik dalam pertambangan secara langsung atau bisnis penunjang misalnya alat berat dll, mereka antara lain PT Bukit Asam (PTBA, ini BUMN dan pemilik konsesi terbesar), PT Pama Persada (Astra group), United Tractors (UNTR, Astra group), BKPL dan lain-lain.

+++

Jalur lari saya di pagi hari Jumat, 1 Agustus 2014 ini juga menyusuri kawasan PTBA. Rumah mertua sih memang tepat di belakang kantor PTBA :)

Lantas melewati kompleks perkantoran dan fasilitas umumnya, masjid jami' PTBA, menyeberang jembatan, tugu peringatan 'Beruang Hitam', pasar Tanjung Enim, dan berbalik ke arah jembatan.

Sebelum berlari ke area taman PTBA, gedung olahraga dan rumah sakit BUMN ini, saya sempatkan lari ke arah bukit di belakang masjid jami'.

Dari atas bukit ini, terpapar lanskap pertambangan yang digarap PTBA. Yang terlihat di foto itu hanya secuil konsesi mereka :) bener-bener hanya secuil! Diluar itu, masih luas lagi, lagi, lagi dan lagi.

Sebagai gambaran, wilayah operasi PTBA membentang di sebagian kabupaten Muara Enim hingga menembus ke kabupaten tetangga, Lahat.

+++

Oya, kalau sampeyan merasa nggak punya 'koneksi' dengan Tanjung Enim, atau malah merasa 'nggak punya urusan', saya kasih tahu ye: batubara dari sini ini yang turut menghidupkan pembangkit listrik di Jawa supaya sampeyan-sampeyan yang tinggal di sana bisa bermain dengan gadget dan bekerja dengan laptop seperti sekarang ini. #piss, no offense, lha memang begitu kenyataannya. :)

Untuk postingan kali ini, saya memang nggak banyak cerita soal lari. Karena foto-foto sudah mewakilinya hehehe. Pengantar di atas sebagai latar belakang gambaran tentang lokasi lari di LebaRUN kali ini yang sejauh 6,2 km.

Salam #mariLari, salam dari sudut Bumi Sriwijaya :)
@inung_gnb

Powered by Telkomsel BlackBerry®


No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails