Monday, March 5, 2018

Bogor

Dulu, saya mengenal kata "Bogor" sebagai sebuah kota di Jawa Barat yang identik dengan hujan, kebun raya dan asinan.

Itu saya ketahui ya hanya dari buku pelajaran geografi dan pengetahuan umum. Di luar itu, kota itu identik dengan Istana Bogor.

Sejurus dengan informasi yang makin marak di zaman internet, hal-hal lain terkait Bogor semakin memperkaya saya. Bogor adalah ujung dari jaringan kereta commuter line dari Jakarta, Depok, Citayam, Cilebut dan berakhir di kota tersebut.

Soal kuliner juga makin banyak yang saya tahu. Selain asinan, koleksi makanan Bogor juga bejibun: karedok, bakso, cemilan dan lain-lain. Soal bakso misalnya, sepertinya sama dengan bakso dari daerah lain namun menurut saya tetap beda lantaran hawa yang lebih sejuk dibanding daerah lain. Meskipun kala terik, Bogor ya bisa berasa panas hehehe

Kini, setelah saya pindah ke Bogor, tepatnya sih di Cilebut yang masuk di Kabupaten Bogor, semakin banyak pula "knowledge" saya tentang daerah tempat tinggal saya.

Satu tempat yang saya susuri ialah sentra tanaman hias, kebun bibit buah dan tanaman taman lainnya.

Akhir pekan pertama, saya ngeluyur ke arah Taman Bilabong hingga Jalan Kemang atau Jalan Baru yang tembus ke Jalan Raya Parung-Bogor. Mampir di toko bibit, saya pulang dengan menenteng pohon jambu kristal yang buahnya tanpa biji.

Di rumah, bibit setinggi 30an cm itu menemani empat pucuk bibit pohon pucuk merah yang saya boyong dari sentra tanaman hias di Rawabelong, Jakarta Barat. Jauh ye hehehe, itu saya beli pas pindahan bulan lalu.

Harga bibit pohon jambu Rp 30 ribu (saya tawar dari harga semula Rp 35ribu), sedangkan pucuk merah @ Rp20 ribu.

Bogor juga banyak terdapat tukang kayu yang menerima pesanan kusen, pintu, meja, kursi, kitchen set dan perabotan lainnya. Di sini banyak pula bengkel las besi, ini mungkin seiring semakin banyaknya perumahan di Bogor Raya: Kota dan Kabupaten Bogor.

Jangan tanya soal mal dan pusat perbelanjaan, di Kota Hujan ini berderet mal-mal baru. Paling ikonik tentu Botani Square, juga Lippo Mal. Juga BTM yang dekat dengan pintu utama Kebun Raya.

Sedangkan di Cibinong - ibukota Kabupaten Bogor, terdapat Cibinong City Mall dan lain-lain.

Satu jenis spot wisata incaran saya - dan yang saya sukai - adalah spot wisata alam. Untuk yang ini, Bogor punya koleksi buanyak. Sejurus empat penjuru angin, Bogor punya beragam wisata natural. Puncak dan Taman Safari adalah ikon utama, lalu Jungle Land dan beragam waterpark seantero Bogor Raya. Juga Pasar AhPoong di Sentul City.

Paling gampang, mencari alternatif wisata alam adalah dengan googling atau mengintip ke web wisata dan travelling :)

Saya sendiri, juga mulai mengincar beberapa spot wisata alam yang bakal saya dan keluarga mau sambangi. Meskipun belum bikin list, sepertinya incaran pertama adalah Pasar AhPoong, waterpark dan playground.

Satu lagi, jejalanan di Bogor terutama dekat rumah, juga pas menjadi trek lari pagi atau sore :)

No comments:

Post a Comment