Saturday, April 26, 2014

Belajar Renang di Jakarta

Ini cerita lain soal olahraga karena selama ini jenis olahraga yang hilir mudik di halaman blog ini lebih banyak tentang lari. Kali ini menyoal renang, tepatnya belajar renang.

Lha siapa yang belajar renang? Si Kaka yang baru 3 tahun?
Bukan!
Istri, bundanya Kaka?
Tetap bukan
Atau mungkin keponakan? 
Aha... bukan juga.

Sayalah yang belajar berenang. Yups di usia 37 tahun ini, saya berguru untuk bisa meliuk-liuk di dalam air. :)

Mungkin sampeyan ketawa. It's oke. Lha wong istri juga ngekek ketika saya mengungkapkan rencana saya itu.

Nggak usah jauh-jauh deh, lha wong saya sempat ragu. Mungkin nggak ya di usia ini dapat berenang.

Kaka lah motivasi terbesar terbesar untuk memantapkan diri. Saya berpikir, ke depan, kami si ortunya Kaka ini tentu ingin mengenalkan putra kami dengan kegiatan fisik yang juga rekreatif. Olahraga misalnya.

Main bola sudah dan Kaka menikmatinya. Kami lakukan di halaman rumah, juga di Taman Menteng dan Taman Suropati, Jakarta Pusat.

Nah, renang juga menjadi agenda kami. Karena renang juga rekreatif, menyenangkan dan juga melatih life-skill [yaelah sok-sokan pake istilah ginian :))]

Kan nggak asik to ya kalau si kecil Kaka nyemplung kolam dan bisa renang tetapi bapaknya ini nggak bisa menemani :)

Itulah background-nya. Nggak usah panjang-panjang ntar jadi novel #eh

Lantas saya pun mulai browsing. Memasukkan kata kunci di google dan yahoo: belajar renang, les privat renang untuk dewasa, les renang di Jakarta, kursus renang, kolam renang di Jakarta dll.

Setelah klak-klik sana sini, akhirnya nemu informasi yang sesuai. Berhubung tinggal di bilangan Rawabelong, Palmerah, tentu mencari kolam renang yang dekat-dekat.

Ketemu dua: kolam renang Senayan dan kolam renang Manggala Wana Bakti.

Yang pertama di Komplek GBK Senayan dan yang kedua berada satu komplek dengan Kementerian Kehutanan. Lokasinya persis di sebelah Gedung DPR/MPR Senayan, Jalan Gatot Subroto.

Ada juga di Kolam Renang Cilandak sayangnya jauh dari rumah jadi mesti dicoret dari list.

+++

Awalnya saya tertarik dengan kolam renang Senayan yang menurut informasi di sana ada beberapa guru les privat renang. Sayangnya, nomer HP yang saya hubungi tidak menjawab.

Nah, ketika menelpon ke Manggala Wana Bakti Sport Center, saya langsung mendapat informasi komplit.

Akhirnya, saya memilih les privat renang di sana. Ada tiga pelatih, yang semuanya ternyata bersaudara kandung, yaitu Pak Nung, Pak Bambang dan Pak Roni. Mereka bertiga sekaligus karyawan di kolam renang tersebut.

Menurut staf disana dan saya lihat sendiri, mereka sudah berpengalaman melatih para murid dari kategori anak-anak, remaja hingga dewasa, perempuan maupun laki-laki.

Guru renang saya sendiri adalah Pak Nung. Jika ingin nanya-nanya dulu, ini nomer HPnya: 0815 9981 743 [monggo jika ingin menelpon, beliau dah welcome nomer selulernya dipajang di sini :) ]

Atau juga bisa melalui telepon resepsionis Manggala Wanabakti Sport Center di 021-573 6839 (direct) atau 570 3246 s/d 65 ext 5519. Salah satu petugas resepsionis bernama Pak Dili.

cerita lain dari belajar renang dengan Pak Nung ada di sini

Oya rincian biaya renangnya begini: (update Februari 2016, note: terimakasih Arna Arivel yang kemarin sudah meluncur ke lokasi, ketemu pak Nung dan update info di kolom komentar)
- tiap pertemuan Rp 40 ribu, tapi saya langsung mengambil sistem paket yaitu 10 kali pertemuan sehingga totalnya Rp 400 ribu dan saya bayar dimuka.
- tarif masuk kolam renang @ Rp 30 ribu. Untuk ini, saya mengambil voucher paket yaitu Rp 250 ribu untuk 10 kali. Artinya menghemat Rp 5000 alias Rp 50 ribu untuk 10 kali nyemplung :)

Jadi totalnya Rp 650 ribu. Eh disclaimer lho ya, kalo-kalo ada perubahan biaya karena inflasi dll :)

Oya kita juga perlu kaca mata renang, pilihan merk sih banyak. Di toko olahraga, tersedia dari harga Rp 35 ribu untuk kualitas biasa dan Rp 100 ribuan ke atas untuk kualitas lebih bagus.
Saya sendiri karena berkacamata minus, akhirnya memilih kacamata renang berlensa minus merek Swan.
Belanjanya di Kaskus dari agan Carltonman yang juga menawarkan merek lain seperti Diadora dan Speedo. Silakan mampir ke thread ini dan satu lagi ini. Dia juga punya toko di kawasan Pasar Pagi / Asemka Jakarta, dekat Kota dan Glodok.

Kembali ke soal budjet les renang di atas, angka itu masih lebih murah dibanding les privat lainnya di Jakarta. Coba deh googling atau nanya-nanya ke tempat lain.

Sebagai perbandingan, saya pernah menelpon ke guru les privat renang yang melatih di salah satu kolam renang terkenal di Cilandak  (yang familiar dengan daerah sana pasti tahu kolam renang yang saya maksud hehehe... ). Biaya lesnya lebih tinggi dan belum termasuk tiket masuk kolam renang.

Detil angkanya, silakan hubungi deh karena saya nggak enak cerita di sini hihihi. Mungkin fasilitas di sana lebih bagus atau faktor lainnya, maybe lho :)

Oya ada link artikel bagus tentang beberapa kolam renang di Jakarta termasuk info tarif masuk, klik di sini. Dan khusus informasi soal Manggala Wanabakti Sport Center ada di link ini.

+++

Kamis 24/4 kemarin adalah latihan saya yang keempat. Alhamdulillah, saya sudah bisa berenang gaya bebas dan katak alias gaya dada. Meski masih kurang halus, paling nggak sudah bisa berenang di sisi lebar dari kolam.

Kata Pak Nung, dengan latihan teratur, pasti bisa. Usia bukan masalah. Dan saya lihat di Manggala Wana Bakti beberapa orang dewasa belajar berenang, juga anak-anak yang lebih banyak di hari sabtu dan minggu.

Soal murid kursus renang, saya beberapa kali ditanya rekan-rekan perempuan termasuk yang ber-hijab. Setahu saya, ya karena saya lihat sendiri sih, beberapa murid Pak Nung dkk adalah perempuan juga, sebagian berhijab, mereka ya udah nyebur alias sudah mulai belajar.

Artinya, mereka tentu sudah melewati fase "gundah gulana" (hehehe) >>> mempertimbangkan masak-masak, mengingat ini itu, bertanya ke Mario Teguh dan konsultasi ke AA Gym dan akhirnya memutuskan belajar renang atau nggak kalau gurunya laki :D.

Wajar sih, saya maklum. It's okay, you're not alone kok, tapi yang pasti setelah melewat proses kebatinan itu +_+, temen-temen akhirnya jadi mulai les renang juga akhirnya :)

Salam renang, salam sehat :)

Btw, monggo mampir ke artikel yang masih nyerempet-nyerempet olahraga ...
- Selebrasi 1 Tahun Bisa Renang http://halamansamping.blogspot.com/2015/05/selebrasi-satu-tahun-bisa-renang.html
- Tabel Latihan Lari untuk Pemula, klik yang ini
- Lagu-lagu buat nemenin olahraga, cek ke sini

@inung_gnb

btw, update. ini ada satu komentar yang menarik dari sekian yang mampir. Senang rasanya postingan blog bermanfaat dan membantu kawan tergerak melakukan sesuatu yang menyenangkan + sehat :)

Sejatinya, komentar ini "nyasar" ke artikel 'Bahagia itu sederhana', makanya saya screen-shoot dan tempel ke sini hehehe.

Trims sista Irma Magdalena, semoga lancar dan bisa berenang :) #SalamNyebur :)


Kutipan komentar Arna Arivel, sekalian update info:
Tiket msh sama 30rb, tp untuk Guru nya 40rb. Emg siih di brosur tercantum 30rb utk guru renangnya, tp ternyata pas ngobrol2 dgn Bpk Guru hrgnya beda.oia buat cewek2 yg berhijab dan pengen les tp rada jiper pas tahu gurunya cowok. Pak Roni dan Pak Nong umurnya sama kyk Kakek kita loh dan mereka mmg karyawan Manggala yg tiap hr standby disana. saya awalnya jg sempet segan ma guru cowok tp pas ktm tahu2 langsung confirm jdwl belajar ^^

Eh, ada lagi nih komentar di FB. yah rada-rada pamer saya hihihi, di luar itu saya mah senang sharing saya bermanfaat bagi wan-kawan :)




Artikel Lari:
- Program Latihan Lari untuk Pemula ... https://goo.gl/5npAoR

- Latihan pendukung, lari lebih cepat, lebih lama: Strength / Circuit Training ...
https://goo.gl/KEpQaR

3 comments:

  1. mantaps infonya pak. saya kerja di BPK seberang senayan, kapan-kapan saya survey ke kolam renang manggala wanabakti, lihat-lihat dulu. terima kasih pak

    ReplyDelete
  2. mas info yang di cilandak dong, ada gak nomer hpnya hehehe

    ReplyDelete
  3. Sekarang per april 2019 harganya naik jadi 750 rb 10 per peetemuan sudah termasuk voucher masuk nya.

    ReplyDelete