Thursday, July 17, 2014

Begini cara mencuci dan membersihkan sepatu olahraga [yang benar] :)


Membersihkan sepatu yang baik dan benar (kayak EYD aja nih), ternyata diluar yang saya tahu selama ini.

Sejak dulu, malah semenjak jaman SD dulu hingga jadi bapak-bapak beranak satu, istri juga satu, mencuci sepatu selalu menggunakan air. Dan ternyata itu salah. Cerita soal membersihkan sepatu yang keliru ada di postingan ini.

Lantas bagaimana mencuci dan membersihkan sepatu olahraga seperti sepatu bola, futsal, lari, basket, badminton, tenis, hingga sepatu gunung dll?

Pakailan cairan khusus pembersih sepatu. Ini dibuat dari bahan yang tidak merusak bahan atau materi sepatu.

Kandungannya dari bahan alami seperti minyak kelapa (coconut) dan jojoba.

Saya sendiri sudah memakainya. Kapan? Ya kemarin, 16 Juli 2014, puluhan tahun setelah saya 'menyiksa' para sepatu saya dengan direndam dalam air plus deterjen :)))

Hasilnya piye? Sepatu adidas AX 1 trail series kembali bersih. Sebelumnya, sepatu yang menemani saya lari itu tidak pernah dicuci sejak dibeli 8 bulan lalu, Desember 2013.

Debu dan noda sudah banyak menempel lama. Selintas saja, sudah terlihat kucel karena melintasi banyak medan (cieeee...) Dari yang berdebu, pasir, genangan air maupun jalanan tanah yang becek.

Nah, yang saya pakai adalah cairan khusus untuk sepatu. Ada banyak merek di pasaran.

Kebetulan yang saya pakai adalah merek Reebok "shoe cleaner & conditioner". Saya membelinya kemarin di Sport Station di lantai 2 Mall Ciputra, Grogol, Jakarta.

Saya yakin pembersih seperti ini juga tersedia di tempat lain seperti di Athlete Foot, supermarket dan juga toko peralatan olahraga.

HARGA
Soal harga, relatif cukup terjangkau.

Harga normal sih +- Rp 74 ribu, tetapi karena ada diskon Lebaran 50 persen, jadi cukup Rp 37ribu. Meski namanya mengacu pada merek sepatu, tetapi bisa dipakai untuk semua brand.

Selain merek Reebok, saya mulai sering lihat ada merek lain yang mudah didapatkan karena dijual di Alfamart dan Indomart atau minimarket lain. Mereknya "Cololite", seri Sneaker Care.



Produk-produk pembersih sepatu itu bisa untuk membersihkan sepatu olahraga. Bisa untuk sepatu kulit, suede, dan nubuck.

CARA PAKAI
Yang perlu diperhatikan, beda jenis bahan sepatu maka beda pula cara membersihkannya. Ikuti saja petunjuknya di bagian belakang botol.

Untuk sepatu lari (athletic/fitness shoes), basket, sepak bola, futsal, outdoor/ gunung, hiking, trail, sepeda dll... begini cara memakainya:

1. Lebih dulu bersihkan sepatu dari debu, air dan minyak. Gunakan sikat sepatu atau kain bersih dengan lembut. Jangan kuat-kuat ye... Smooth aje.

Sikat sepatu tersedia di minimarket atau toko-toko olahraga. Harganya nggak mahal, paling-paling Rp 7000-8000,-. Biasanya ditaruh di rak bersama sikat baju dan peralatan rumah tangga.

2. Tuangkan beberapa tetes ke lap kain atau sikat sepatu yang kering dan lembut, bisa juga spon. Jika tidak punya lap khusus, pakai bekas kaos berbahan katun.

3. Usapkan pada sepatu. Saran saya sih, bagian per bagian dan hindari mengusapkan sekaligus pada seluruh bagian sepatu.

4. Arah usapan juga lebih baik satu arah. Jangan bolak-balik, khawatir menggerus atau merusak permukaan sepatu.

Mengusap satu arah juga membuat kita lebih sabar meski ada banyak noda di bagian tertentu.

Pengalaman saya juga nih, jika mengusapkannya dengan bolak-balik maka kita cenderung kurang sabar, ingin cepat selesai dan menekan terlalu keras.

Usap saja kainnya lebih sering dan tetap lembut. Tidak perlu ditekan-tekan.

5. Terakhir, gunakan lap kering dan bersih untuk menyingkirkan sisa-sisa kotoran. Setelah itu diangin-anginkan dan hindari kontak dengan sinar matahari secara langsung [ pada bagian ini, sepatu keknya mirip vampire :) ]

+++











#######
Oiya, bagaimana jika sepatu basah atau kebasahan karena hujan? Ini cara darurat dan cepat sekaligus "tricky" agar sepatu bisa segera dipakai. Apakah dengan dijemur, digantung, pakai hair-dryer? Bukan! Nah ini cara yang lebih jitu >> https://goo.gl/l4Cor0

Note:
Lantas bagaimana jika sepatu belepotan dengan lumpur. Misalnya sepatu gunung sepulang dari nanjak mendaki atau hiking atawa habis trail-running?

Menurut saya, kuncinya pada tindakan pertama sesaat setelah sepatu kena lumpur. Misalnya ketika di tenda pas turun mendaki, segera singkirkan lumpur yang tebal dan mbandel. Jangan keburu lumpur mengering dan "menyatu" di badan sepatu.

Boleh melibatkan air dengan dengan pancuran air yang alirannya sedang, jangan yang kenceng. Itupun hanya mengguyur di bagian luar.

Jangan direndam ya, karena itu membuat butiran lumpur semakin masuk ke pori-pori dan bahkan menyusup ke bagian dalam sepatu yang sejatinya tidak tersentuh lumpur/tanah saat pendakian.

Jika sepatu gunung hanya kotor oleh debu, maka cukup bersihkan dengan sikat sepatu. Langkah selanjutnya adalah dengan cairan pembersih tadi dan urutan-urutannya persis di atas.

Lantas, bagaimana jika sepatu hanya kita gunakan dalam aktivitas sehari-hari tapi kotorannya membandel?

Caranya sih seperti di atas, tapi kuncian untuk kasus ini bukan pada cara membersihkannya. Lha gimana dong? ya rajin-rajinlah membersihkan sepatu hehehe

Sekali lagi, menurut pengalaman nih ye, sepatu yang kotor dalam pemakaian sehari-hari itu karena kita sendiri yang terlalu lama tidak membersihkannya. Tul nggak? Ngaku aja deh kalau males :)

Makanya sebelum kotoran ngumpul dan kerasan nemplok, bersihkan sepatu secara rutin. Itungan simpelnya, sikat sepatu dengan sikat khusus sepatu secara lembut setiap abis dipakai.

Masih males? Bolehlah menyikat dua hari sekali. Lalu untuk membersihkan dengan cairan khusus, sebaiknya dua minggu sekali.

Itu untuk kondisi normal. Sedangkan kalau belepotan, ya bersihkan segera. X_x
Selamat merawat sepatu dengan baik dan benar. Hentikan mendzolimi sahabat dan pelindung kaki kita itu :)

Salam #MariLari :)

Artikel:
- Program Latihan Lari untuk Pemula ... https://goo.gl/5npAoR

- Latihan pendukung, lari lebih cepat, lebih lama: Strength / Circuit Training ...
https://goo.gl/KEpQaR

3 comments:

  1. Mas, gumana cara menghilangkan /mengurangi bau sepatu? Sepatu rutin dicuci tp abis main basket baunya mayan. Biasanya aku angin anginkan depan rumah. Ada cara lain ?

    Trimsss

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails