Saturday, July 19, 2014

Kapuas

Memiliki kesempatan keluyuran ke beberapa daerah di Indonesia, sungguh saya syukuri.

Meski belum semua 34 provinsi (jadi nggak hanya 33 ya, provinsi terbaru adalah Kalimantan Utara, pemekaran Kaltim) saya kunjungi, tapi itu sudah membuat hidup saya lebih komplet.

Komplet karena saya makin mencintai Nusantara ini. Mengintimi sedikit dari sudut-sudut Indonesia yang luasnya setara Los Angeles- New York.

Yang untuk skala Eropa, bentangannya sejajar dari Inggris hingga Itali. Ada berapa negara tuh? :) Disini, semua dipeluk oleh kepulauan-kepulauan Nusantara.

+++

Salah satu tempat yang saya kunjungi lebih dari satu kali adalah Pontianak, Kalimantan Barat.

Pertama ketika musim kemarau. Panasnya khas daerah yang dilintasi garis equator. Disini pula berdiri Tugu Khatulistiwa.

Kali kedua, sebaliknya. Hujan gerimis lalu makin deras. Langit seharian mendung dan cuaca sangat sejuk.

"Mana mungkin bakal hujan. Ini Pontianak bro," kata rekan seperjalanan ketika saya mengeluarkan jaket waterproof.

Heheheee... Justru ini jantung kawasan tropis. Hujan adalah berkah.

Ketika cuaca lebih cerah, saya mencicipi perjalanan menggunakan kapal wisata di sungai Kapuas.

Lebar sungai mencapai ratusan meter, mungkin nembus 500-600 meter, setengah kilo. Kalau di daerah muara, ya jangan tanya :)

Namanya saja kapal wisata, disitu disediakan pula makan besar. Beda bener makan di atas kapal dengan di darat... Nuansanya... Susah ditulis hehehe.

Usai makan, favorit saya adalah selonjoran di bagian haluan. Pandangannya luas, lanskap kedua sisi sungai terpampang.

Begitu juga riak-riak sungai. Dan tentu horizon di kejauhan dan langit kelabu oleh mendung tipis menggantung.

Di haluan pula, segelas es lidah buaya menemani sore-sore itu. Rasanya segar, seolah mencecap bagian dari alam.

Di ujung perahu, beberapa kali saya pejamkan mata. Menghirup oksigen sebanyak-banyaknya... Damai.

Pontianak, satu saat nanti izinkan saya kembali lagi. Bersama keluarga untuk mengenalkan si Kaka pada luasnya Nusantara. Mungkin menelusuri Kapuas-mu hingga jauh ke hulu :)

Terimakasih Kalimantan Barat, terimakasih Indonesia. ;)


Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment