Wednesday, July 7, 2010

Fasilitas Statistik (asli) dari Blogger

Pengembang Blogger/ blogspot kini sudah merilis fitur statistik buat bara blogger yang ngulik, tentunya, di blogspot qe3

Fasilitas ini kalau aku lihat berbasis pageview. Sedari tadi aku buka-buka kok tidak ada fitur penghitungan hits ya, so sementara ini mungkin memang berbasis berapa banyak halaman yang dibuka, in my humble opinion :D

Jika kita mendefault pilihan bahasa ke Indonesia, kita lebih gampang menganalisis blog kita karena statistik juga akan memaparkan hasilnya dengan bahasa Ibu Pertiwi. Oya, dasbor kita sebelumnya kadang belum menampilkan fitur statistik terbaru ini, coba ...

masuk/login ke akun kita, kemudian klik ini nih >> dasbor blog in draft (link ini akan membuka dasbor Anda sendiri koq, bukan dasbor-ku =) syaratnya, mesti login duyu... )

Nah berikut ini antrian BBM skrinshut-nya:

Tampilan di Dasbor:












Overview/Summary



















Pageview berdasar artikel yang diposting 



















URL, site dan keyword referrer

















Asal negara, OS dan browser Audiens

















Fasilitas bawaan Blogger ini melengkapi Histats yang sudah aku pasang. Soal tampilan, terutama grafik batang, aku akui Histats lebih menarik dan berdimensi.

Fitur yang paling kerasa dari statistik versi Blogger adalah penghitungan berbasis pageview tadi, keyword dan URL referrer. Yang lain sih sudah pasti ada, artinya seperti halnya statistik rilisan pengembang lain, yaitu  komparasi atau perbandingan hari ini, kemarin, minggu ini dan bulan lalu serta alltime/keseluruhan.

Fitur ini pada dasarnya makin memudahkan untuk menganalisis blog kita. Dan dari situ kita lantas mengembangkan blog termasuk frekuensi update yang makin teratur dan strategi pemilihan tema artikel.yang kita posting, misalnya berdasar keyword yang sering dipakai dan mengarah ke blog kita.

Juga penulisan artikel yang lebih menarik dengan 'merapat' pada audiens. Maksudnya, tema yang kita usung sedikit-banyak berhubungan dengan asal negara pengunjung seperti diperlihatkan oleh analisis audiens.

Sayang memang, kita tidak bisa menelisik asal kota para tamu via statistik ini. Untunglah telusur asal kota pengunjung bisa dilihat di Histats dan GeoVisite qe3 Salam :D

10 comments:

  1. wah nice info Gan...!!!
    dapet PERTAMAX nih...

    kunjungan balik di sore hari..
    udh a follow n link back kawan..
    ^_^

    ReplyDelete
  2. Matur nuwun Pak Wow, sugeng sonten, sugeng ngaso, met sore, sempatkan selonjorkan kaki tuk istirahat :D

    ReplyDelete
  3. @ Nilla: Coba masuk atau login dulu ke akun blogger Nilla. Kemudian balik ke postinganku ini, klik link dasbor blog (alinea ke tiga dari atas, warna oranye). Moga sukses :)

    ReplyDelete
  4. udah bisa mas inung....makasi yaaaaaa....... :)

    ReplyDelete
  5. Cuma sepertinya ada bug nya ya kang, soalnya data di yang saya lihat aneh, 657 pengunjung hari ini , he he tak masuk akal.

    ReplyDelete
  6. Wah wah.. terima kasih sobat, wuihhh.. akhirnya bisa juga, seneeeng!!!! ^_^

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. @ Bro Ozzys: Statistik Blogger cuma ngitung berbasis pageview aja lho. Beda dengan Histats yang ngitung hits dan pageview. Kalo di blog sobat tertulis 657, itu bukan hits/pengunjung tapi pageview/halaman yang dibuka. Coba yuk di buka lagi.

    Soal masih banyak yang perlu disempurnakan, ya maklumlah, liat aja status 'dasbor' tertulis in-draft = masih uji coba =D Sementara ini lumayanlah kita numpang duluan sebelom resmi di lonciing qe3

    @ Cerita Hujan: seneng juga bisa berbagi qe3 salam blogging

    ReplyDelete
  9. maaf baru bisa berkunjung inung...
    sukses slalu ya...

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails